7 Oleh-Oleh Khas Jambi, No 4 Batik Jambi

Assalamualaikum Sobat Jalan-jalan Aisyah,

Jambi memiliki arti tersendiri bagiku. Walau kelahiran di Jambi, aku enggak banyak mencetak kenangan di sini. Aku lahir di Jambi di tahun 1980, Ayah dan keluargaku pindah ke Bengkulu di tahun 1981. Jadilah aku enggak banyak mengenal oleh-oleh khas Jambi.


7 Oleh-Oleh Khas Jambi, No 4 Batik Jambi

Namun, di kelas 2 SMA, aku pindah sekolah ke SMAN 1 Jambi. Berawal bisnis Batik Besurek Bengkulu ibuku bangkrut karena krisis moneter, kami akan pindah ke Jambi ikut kakak pertamaku. Aku pun dipindahkan sekolah ke Jambi. Ini menjadi titik rendah dalam hidupku, melupakan teman-teman di Bengkulu dan "merantau" ke Jambi. 

Enam bulan aku di Jambi, ternyata ibuku enggak jadi menjual rumah di Bengkulu, aku yang "terlanjur"  pindah sekolah minta balik lagi ke Bengkulu. Hikmahnya, aku punya kenangan di Jambi, walau hanya 1 semester hehe...

Nah, Jambi sendiri memiliki banyak objek wisata yang menarik, mulai dari  Candi Muaro dan Sungai Batanghari. Tak hanya itu, oleh-oleh khas Jambi ini cocok dibawa pulang sebagai buah tangan. 

Inilah Rekomendasi 7 Oleh-oleh Khas Jambi untuk Dibawa Pulang:

1. Dodol Nanas

Buah nanas termasuk komunitas terbesar di Jambi. Tak ayal, banyak diolah menjadi makanan, salah satunya dodol. 

Dodol nanas ini menjadi makanan khas Jambi yang terkenal. Walau tidak menggunakan bahan pengawet, dodol nanas ini tahan lama, tak perlu khawatir dibawa sebagai oleh-oleh ke luar kota. 

2 Kopi Bubuk Cap AAA

Bagi pencinta kopi, jika Anda berkunjung ke Jambi, maka membeli kopi bubuk AAA menjadi pilihan tepat. 

Kopi berukuran bungkus rokok ini awalnya merek dagang sebuah perusahaan kopi yang ada di Jambi. Namun, lambat laun, tangan kreatif mengubah kopi bubuk AAA menjadi oleh-oleh Khas Jambi.

Kopi bubuk AAA ini rasanya tidak begitu pahit, berwarna pekat dan aromanya khas wangi kopi. 

3.Teh Kayu Aro

Selain kopi, minuman berupa teh dari kaki Gunung Kerinci, Jambi ini cocok dijadikan oleh-oleh. 

Teh Kayu Aro merupakan teh hitam asal Indonesia yang diambil dari pucuk teh pilihan. Memiliki kekentalan yang berbeda dengan teh pada umumnya. Teh ini juga berwarna orange walaupun tidak menggunakan bahan pengawet atau campuran warna tambahan.

Rasanya yang unik membuat teh unu menjadi primadon tersendi bagi penikmat teh. 

4. Batik Jambi

Tak hanya dikenal dengan oleh-oleh dari kuliner, Jambi juga memiliki batik khas yang beragam motif.  Motif batik Jambi terinsipirasi dari lingkungan sekitar, seperti tanaman dan hewan lokal. 

Salah satu motif batik Jambi yang sering ada yakni motif cendawan, kapak lepas, keco piring, anggur dan kupu-kupu.

Batik Jambi tak hanya berbentuk kain untuk pakaian, tapi ada yang berbentuk topi, tas, dompet, kaos dan lainnya sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh kekinian. Salah satu sanggar batik yang direkomendasikan Sanggar Batik Rindani beralamat di Sipin, Jambi.

5.Gelang Sebelik Sumpah

Sebelik sumpah biasanya digunakan sebagai kalung atau gelang khas suku Anak Dalam (Orang Rimba) di Kecamatan  Air Hitam, Sorolangun yang dirangkai dari biji-bijian yang mirip sawo kecik atau sirsat.

Selain untuk aksesoris banyak orang mengoleksi  Sebelik Sumpah karena keunikan cerita historisnya. Lagi suku Anak Dalam gelang dan kalung Sebelik Sumpah dipercaya sebagai penyelamat dari ancaman penumpahan yang buruk.

6. Duku Kumpeh

Duku Kumpeh berasal dari Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi. Duku Kumpeh berbeda dengan dulu pada umumnya,  memiliki rasa yang lebih manis ukurannya lebih besar dan tidak berbiji. 

Bila musim duku tiba saat berkunjung ke Jambi, Anda dapat menemukan duku ini melimpah dijual di pinggir jalan.

7. Dodol Kentang

Selain dodol nanas dan dodol durian di Jambi masih ada  dodol kentang yang teksturnya halus dan lebih kenyal.

Dodol tentang ini memiliki berbagai varian rasa seperti rasa pandan durian strawberry gula aren terung Belanda kacang merah hingga ubi jalar ungu.

Itulah rekomendasi oleh-oleh makanan khas Jambi yang dapat Anda beli saat Anda berkunjung ke Kota Jambi.***

1 komentar untuk " 7 Oleh-Oleh Khas Jambi, No 4 Batik Jambi"

  1. wahh lumayan banyak juga yaa yang bisa djadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Jambi. Semoga suatu saat nanti saya bisa berkunjung ke sana dan membeli oleh-oleh dari Jambi untuk dbawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah

    BalasHapus