Service Motor di Planet Ban, Bikin Motor Rasa Baru

"Wah, motor baru, ya?!" tanya seorang tetanggaku.

"Bukan, ini motor anakku. Emaknya mana dibelikan, anaknya sih dibelikan, heheh..." candaku.

"Biasalah itu, anak baju baru, emaknya baju lama," jawabnya tertawa.

service motor di planet ban
Sumber Foto IG @planetban

Yap, setahun ini Mas Faris sudah punya motor baru. Sejak sudah di rumah saja karena selama ini di pondok, motornya sesekali aku pakai untuk ke warung atau ke pasar. Bagiku yang selama ini terbiasa pakai motor manual, pakai motor matic agak kaget. Tapi, lama-lama enjoy banget pakai motor matic, makanya aku suka banget pas motor Mas Faris sudah diservis. 

Servis motor sangat penting agar kondisi motor terkendali. Servis motor adalah pengecekan motor secara rutin jika sudah mencapai jaraj tertentu. Suamiku sering mengingatkan untuk rajin melakukan servis motor. 

"Sana ke bengkel! Jangan ditunda!" nasehat suamiku.

Mas Faris pun menurut mau servis motornya. Sesekali ditemani Abinya, lain waktu Mas Faris sudah terbiasa pergi servis motor sendiri karena ia sudah mulai paham bagian yang dicek saat servis adalah memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan lainnya.

Agar lebih nyaman menggunakan motor matic, coba pahami 8 bagian yang wajib dicek saat service motor:

1. Oli Mesin

Namanya anak muda ya, suka bermain dan janjian dengan teman. Kadang kaget juga Mas Faris sudah pernah main jauh. Jadi, ngecek oli mesin setelah mencapai 2000 km atau sekitar 2 bulan sekali itu penting banget. Jangan sampai udah sering mogok baru deh mau service!

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan

Bagi pengguna motor matic, ini penting rajin cek oli gardan. Fungsi i gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Jangan sampai terlewat, jadwalnya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. 


ganti oli di planet ban
Sumber Foto IG @planetban


3. Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala.

4. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Jujur aku kurang paham soal ini, tapi ini penting loh buat motor. Kata suamiku, fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. 

6. Aki atau Accu

Siapa nih abis manasin motor eh lupa tuh matikan kunci motornya? Yes, aku sering hahah! Konon, ini yang jadi salah satu penyebab aki cepat aus! Jadi segera deh cek! Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban

Pemerikasan ban motor sangat penting. Pernah kan mengalami mogok atau pecah ban? Nah, sebelum terjadi, rajin cek bannya! Pemeriksaan saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. 

Oiya Sobat, kadang  tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Tapi, jangan khawatir,  mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan. 

Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk mendapatkan pelayanan service motor yang terbaik. Aku rekomendasikan ke Planet Ban. Di sini motor jadi semakin nyaman dikendarai, berasa punya motor baru lagi!

Iya dong happy kalau berasa bawa motor baru karena jenis service motor ini dapat meningkatkan performa dan ketahanana motor  dengan cara cepat dan lebih hemat.

Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban? 

Pokoknya tenang deh kalau service motor di Planet Ban, di sini menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.


Service Motor di Planet Ban, Bikin Motor Rasa Baru
Sumber Foto planetban.com



Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Pengalaman ya bedanya kalau servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Nah, beda banget kalau sudah melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Iya dong happy motor jadi makin kayak baru lagi, service motor di Planet Ban bikin motor seperti punya  mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Bagi anak kos, ini menjadi alternatif banget Sobat, irit dan tidak menguras kantong. Sevice motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, informasi di atas pastinya akan menjadi panduanmu untuk memilih service motor terbaik. So, tunggu apalagi! Langsung baw amotormu ke Planet Ban!

44 komentar untuk "Service Motor di Planet Ban, Bikin Motor Rasa Baru"

  1. bener sih kalau abis diservice tuh motor matic jadi enak lagi dibawanya, jadi lebih nyaman dipakainya. memang perawatan itu harus rutin ya dilakukan, agar kita juga ngerasain manfaatnya.

    BalasHapus
  2. Perawatan yang konsisten dan rutin, memang bikin mesin jadi terawat dan terasa tetap ringan. Jadi setelah diservis beneran seolah mengendarai kendaraan baru saking enteng nya

    BalasHapus
  3. Wah.. Boleh juga nih servis di planet ban sdh harga murah dan pelayanan ok.. Jadi kita pun nyaman pake motor setelah melakukan servis motor

    BalasHapus
  4. Motor ibarat setengah nyawa yg harus dijaga dan dirawat. Rekomen memang ya service di planet ban, mekaniknya gercep banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget. Apalagi kan si motor ini seringnya jadi andalan buat beraktivitas ke sana ke mari kan ya. Kalau si motor sakit karena kurang perawatan kan jadi menyusahkan si empunya juga. Thats why, bersahabat sama salah satu bengkel buat perawatan rutin si roda dua kesayangan itu penting. Salah satunya bisa dengan Planet Ban.

      Hapus
  5. Berarti gak hanya ban aja nih ya yang perlu diperhatikan servisnya, tetapi juga perintilan lainnya. Kudu apik nih servisnya

    BalasHapus
  6. Motor itu memang wajib ya untuk di service agar awet. Tapi aku baru tahu loh kalau di Planet Ban bikin motor seperti baru? penasaran nih

    BalasHapus
  7. Sekarang di Planet Ban udah bisa service motor ya. Harganya selain terjangkau, pengecekan dan penggantian sparepart dilakukan secara menyeluruh. Mantap dah. Emang penting banget service rutin untuk performa yang maksimal dan menghindari hal tidak diinginkan terjadi pada kendaraan kita.

    BalasHapus
  8. Aku kira tadinya Planet Ban tuh khusus jual ban aja. Soalnya di Bandung ada toko ban namanya "Lautan Ban". Hehe...
    Btw...cek dan servis motornya engga mahal yah. Ada nih deket rumah. Kasih tahu suami ah, biar cek kesana aja. Kasih tahu, ternyata engga cuma jual ban...hehe

    BalasHapus
  9. Lama ga diservice, tarikan motor emang berat ya, mbak. Nyendat2 pula biasanya.

    Andai di Medan ada planet ban, kayanya bakalan langganan service disini deh. Mana sparepart sepertinya lengkap banget juga

    BalasHapus
  10. Anakku banget nih
    Gak bisa lihat sepeda motor terlambat di service
    Kalo pulang langsung ke garasi dan ke Planet Ban
    Karena layanan Planet Ban paling oke

    BalasHapus
  11. Anakku banget nih
    Gak bisa lihat sepeda motor terlambat di service
    Kalo pulang langsung ke garasi dan ke Planet Ban
    Karena layanan Planet Ban paling oke

    BalasHapus
  12. Tak jauh dari tempat tinggal saya ada tiga Planet Ban. Namun, saya tak pernah satu kali pun ke situ hahahha .... lah gak punya motor eee.

    BalasHapus
  13. Aaa planet ban ya? Tempat andalan suamiku kalau ganti ban dan ganti oli nih. Memang planet ban mudah ditemuka gerainya dan pelayanannya ramah. Jd kami selalubsetia dengan planet ban.

    BalasHapus
  14. Servis motor rasa baru seperti di Planet Ban ini akan membuat kita berkontribusi ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang ya.

    BalasHapus
  15. Baru aja kejadian bulan kemarin, anakku motornya mogok gegara dah lama gak servis. Maklum, sibuk kuliah, sibuk organisasi... Untung gak fatal deh. Setelah itu dia sadar akan pentingnya servis rutin. Dan aku sarananin servis di Planet ban dong... montirnya trampil dan cekatan...

    BalasHapus
  16. bener banget, motor harus rajin diservice biar aman dan nyaman berkendara. Kerasa banget aku pas businya udah soak itu susah nyala motornya huhu. wah service di planet ban terjangkau banget harganya ya kak

    BalasHapus
  17. Kalau pas musim hujan tuh ya..
    Bagian busi jadi yang paling sering diperhatikan.

    Padahal dengan perawatan rutin di Planet Ban, maka motor bisa lebih awet dan tangguh di segala cuaca dan medan.

    BalasHapus
  18. Iya, nih, kalau bengkel biasa itu ga benar2 bersih. Lha, bengkelnya dia saja ga bersih gimana kepikiran bersihin motor pelanggan secara menyeluruh.

    BalasHapus
  19. Terjangkau kantong banget ya Mba harga service rutin motor di Planet Ban. Bikin semangat buat merutinkan periksa performa kendaraan. Apalagi kan kalau kendaraan roda dua dirawat baik ya jadi makin nyaman setiap kali digunakan.

    BalasHapus
  20. Aku malah gak bisa pakai motor manual, bisanya motor matic. Emang belajar motornya baru baru ini sih.
    Btw, terima kasih mbak Naqy, artikelnya memgingatkanku kalo udah saatnya ganti oli hihihi

    BalasHapus
  21. Seneng deh kalau punya motor walaupun sudah lama tapi tarikan mesinnya masih seperti motor baru jadi semangat dan pede aja berkendaranya, tapi ternyata syaratnya hrs rutin ya service motornya

    BalasHapus
  22. Tempat servicenya bagus ya, karena sampai bersihkan debu. Ada beberapa tempat service tidak peduli dengan debu yang ada dimesin

    BalasHapus
  23. Harus diperhatikan bagian penting dari servis motor ya, biar motor awet dipakainya dan performa mesin selalu prima

    BalasHapus
  24. Tak kirain Planet Ban itu khusus jualan ban dan jasa service Ban saja, Kak Naqqy. Ternyata komplit banget yaaa? Dan montir-2nya pun terampil dan ahli di bidangnya.

    BalasHapus
  25. Baca ini aku langsung tersadar aku gak paham apa2 soal servis motor. Emang paling pas langsung ke ahlinya aja untuk perawatan motor.

    BalasHapus
  26. Planet Ban ini awalnya kupikir ganti ban doang loooh eeeh ternyata juga udah bisa service motor denga harga sangat terjangkau, pengecekan dan penggantian sparepart dilakukan secara menyeluruh.kereeeen

    BalasHapus
  27. Keren ya, semuanya dibersihkan dengan sangat baik. Pelayanan yang sangat mantap dan sulit ditemukan di bengkel lain. Apalagi di sini pastinya produk yang ada sangat lengkap.

    BalasHapus
  28. Meski ada planet Ban deket rumah, baru tahu kalau di sana bisa service motor lho! Biasanya kesana cuma beli ban atau ganti ban aja. Next time bisa kucoba buat service sekalian, kan jadi one stop solution kalau gitu. ❤️

    BalasHapus
  29. Senang banget akutuuu, karena service motor rutin di Planet Ban tuh seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru.

    BalasHapus
  30. Pas baca ulasan teman-teman tentang Planet Ban, aku bersyukur baget di Lamongan sudah ada Planet Ban juga. ini helpfull banget buat aku yang suka awam sama urusan mesin. Jadi kalau servis motor, bisa tinggal dbawa dibawa ke Planet Ban aja.

    BalasHapus
  31. Udah makin banyak cabangnya dimana2 Planet Ban. Mantep deh, apalagi promonya juga banyak. Hampir tiap bulan pasti ada promonya. Bener2 bisa diandalkan.

    BalasHapus
  32. Deket rumah juga ada Planet Ban, tapi sejauh ini belum pernah service di sana karena kirain di situ cuma buat service seputar ban saja. Bisa dicoba sih ya ...

    BalasHapus
  33. Beneran nih yah, aku kemarenan cuma ganti oli aja di Planet Ban, mau cobain service motornya juga ah, biar motor serasa kembali baru, hihihi..

    BalasHapus
  34. selain terbaik di kelasnya,service motor di planet ban sangat terjangkau menurutku. murah. Setidaknya kita bisa ngirit lah. Apalagi soal ganti ban, kalau saya wajib di palent ban.

    BalasHapus
  35. baca artikel ini jadi kepikiran sama motorku yang udah setahun ga pernah diservis. kwkw. selama ditinggal ke Jogja, jadinya gaada yang ngurus lagi. asal dipake sama orang rumah.

    BalasHapus
  36. Saman nih mba kebetulan planet nan deket rumah udah biasa kalau ganti oli kesana kemarin juga habis ganti ban pelayanannya ok banget soalnya

    BalasHapus
  37. Ketika lagi service motor dan dipanggil sama montirnya auto kejang-kejang ya. Saya yakin nih montir di planet ban bisa jelasin masalah motor yang ada, tanpa bikin kejang-kejang kitanya ehehe.

    BalasHapus
  38. jadi makin tahu banyak soal service motor, kebetulan banget saya jarang banget untuk service-service motor

    BalasHapus
  39. motor memang harus rajin di service biar awet tahan lama. aku juga selalu servis di planet ban kok karena emang teknisi handal

    BalasHapus
  40. Planet ban langganan suami buat service motor matic kami juga. Pelayanannya oke, kualitasnya juga oke sih menurutku

    BalasHapus
  41. Aku adalah tipe perempuan yang cukup bodo amat sama motor. Maksudnya jarang ngurusin service motor. Apalagi sebelum menikah. Urusan motor itu menjadi urusan bapak seorang. Tapi setelah menikah aku justru makin aware, soalnya diwarisin motor sama bapak. Jadi berasa pengen ngerawat sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  42. Kupikir ganti oli cuma satu jenis aja ternyata ada dua macam toh. Tpi bengkelnya keren juga, all in one service.

    BalasHapus
  43. Service motor disini emang enak banget, aku juga selama di jogja sering banget kesini dan pelayanannya juga memuaskan banget

    BalasHapus