Resep Bagar Ikan Hiu Bengkulu

Siapa nih yang pernah mencicipi makanan khas bengkulu yang bernama Bagar Ikan Hiu? Bagi yang pernah ke Bengkulu, wajib cobain makanan khas Bengkulu satu ini. Rasanya mantap deh! Mirip rendang, tapi beda cara pembuatannya dan beberapa bahannya.

Zaman aku kecil, Bagar Ikan Hiu sering dibuat karena ayahku asli Bengkulu suka banget masakan santan. Dulu, beli ikan di Pulau Baai. Pelabuhan ini ada tempat penjualan ikan dan ayahku sering mengajak kami ke sini.


Resep Bagar Ikan Hiu Bengkulu
Sumber Foto : beautiful-indonesia.umm.ac.id

Makanan khas Bengkulu, Bagar Ikan Hiu ini enak banget dihidangkan dalam acara istimewa, seperti hari raya, berbuka puasa atau acara penting lainnya. Nah, pembuatannya mirip seperti Rendang, masakan khas Padang. Tapi, bedanya jika rendang menggunakan daging sapi, maka bagar ini menggunakan ikan hiu, biasanya menggunakan ikan Hiu Punai.

Berikut resepnya, agar muda dicoba di rumah, ya!

Resep Bagar Ikan Hiu Bengkulu

Bahan :

Ikan Hiu 4 Kg

Siapkan Bawang Merah  10 siung

Bawang Putih  5 siung

Serai 3 batang

Daun Salam 5 lembar

Daun Jeruk 6 lembar

Daun Kunyit 2 lembar

Santan kelapa kental 1/2 kg

Kelapa goreng 1 1/4 kg

Cabe merah halus  1/4 kg

Bumbu Bagar lengkap 1/4 kg (beli jyang sudah jadi)

Air asam jawa 300 ml

Air putih 500 ml (secukupnya)

Garam kasar 2 sdm 9sesuai selera)

Minyak goreng 2 sdm (sesuai selera)

Cara Memasaknya:

1. Cuci bersih ikan.

2. Tumis bawang merah dan bawang putih dan cabai halus, campurkan bumbu Bagar Hiu, tumis sampai wangi.

3. Kemudian campurkan kelapa parut sangrai yang sudah dihaluskan. Masukkan juga serai yang sudah dimemarkan dan daun jeruk nipis. 

4. Masukkan santan kurang lebih 1/2 kg santan kental sedikit demi sedikit. Aduk secara merata.

5. Masukan air asam Jawa  sekitar 2ml, aduk secara merata. Masukan garam dan penyedap. 

6. Tambahkan air secukupnya dan aduk secara merata, cek rasa sebelum masukkan ikan. Masak hingga matang dan siap disajikan.


Nah, sobat jalan-jalan Aisyah, itulah resep Bagar Ikan Hiu Khas Bengkulu, selamat mencoba!

7 komentar untuk "Resep Bagar Ikan Hiu Bengkulu"

  1. Belum pernah makan Ikan Hiu, dan gak kepikiran. Kaya takut gitu kalau lihat bentuk aslinya. Pas udah diolah, gak tahu ya kalau tiba-tiba pengen coba makan. Untuk buat sendiri, gak dulu

    BalasHapus
  2. wah saya belum pernah mencoba Bagar Ikan Hiu khas Bengkulu ini kayaknya kalau melihat photonya enak banget ya mba. Cara buat dan bahannya juga mudah sepertinya. namun beneran kah ini dari ikan hiu mba Naqi?

    BalasHapus
  3. Aku ingat pernah dimasakin sama ibuku baby hiu dimasak kuning, lembuut banget dagingnya. Tapi katanya sekarang ga boleh ya?

    BalasHapus
  4. Kuliner khas Pariaman juga ada gulai bagar, tapi ini mirip asam padeh tanpa santan. Kalo bagar Bengkulu ini iya cara masaknya mirip rendang ya, masak santan gitu. Kayaknya sedap ya mba :D

    BalasHapus
  5. wih makan ikan hiu, kayaknya sebagian besar kita belum pernah yaa. Termasuk saya. Ternyata enak juga ya dibuat bagar ikan hiu, khas bengkulu ini yaa. jadi pengen nyicipin deh. Namanya ikan diapain juga enak yaa, istimewanya ini ikan hiu ya mbak.

    BalasHapus
  6. Wahh bisa yaa makan ikan hiu, kirain ikan hiu gak bisa dimakan, hehehe

    BalasHapus
  7. Ikannya beneran ikan hiu, Mba? Asli penasaran rasanya kayak apa ya ikan hiu tuh. Plus kalau di Depok ada ga ya ke tukang bumbu bilang beli bumbu bagar

    BalasHapus