Jalan-jalan ke Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman

 Assalamualaikum Sobat Jalan-jalan Aisyah, 

Senin, 3 Julis 2023 yang lalu aku menghadiri Launching Festival Wisata Hutan Lampung 2023. Acara launcing diadakan di Swissbell Hotel yang dihadiri Gubernul Lampung, Arinal Djunaidi dan secara hybrid di Tahura Wan Abdul Rachman (WAR). Nah, usai acara utama di Swissbell Hotel, aku dan teman-teman Tapis Blogger bergerak di Tahura naik mobil salah satu anggota, yakni Mbk Ira.

Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman


Jadilah satu mobil diisi oleh 8 orang dengan 2 orang di depan, 3 di tengah dan 3 di belakang. Wah, selama dalam perjalanan teman-teman lawak banget. Tapis Blogger yang jarang jalan-jalan bareng sejak pandemi, di sini ngakak banget ketemu teman-teman yang seru abis, seperti Yandigsa, Adit, Jarwo, Desli, Mbk Tika dan Fajar.

Untungnya, Mbk Ira emang jago bawa mobil, kami yang takut pas tanjakan mobilnya enggak bisa naik, ternyata bisa dan lancar sampai tujuan. Sampai di Tahura Wan Abdul Rachman, sisa acara pembukaan masih ada, yakni stand-stand baik dari UMKM, UPTD KPK lingkup Dinas Kehutnan Provinsi Lampung dan berbagai perlombaan.

Kami sampai sudah menjelang siang, sehingga pembukaan sudah selesai, jadi kami keliling ke stand-stand yang ada. Di sini kami melihat berbagai stand dengan memamerkan hasil hutan non kayu. Termasuk ada buah-buahan, madu, aneka minyak, anggrek dan lainnya.

Usai keliling dari stand satu ke lainnya. Kami ke belakang dan agak menanjak menuju ke penangkaran rusa. Menurut petugas, sebelumnya rusa di agak depan dari Tahura, tapi karena ada acara ini saja, agak dipindahkan lebih jauh.

Aku dan beberapa teman mengabadikan bermain-main dengan rusa. Ada sekitar 50-an ekor rusa. Temanku bahkan mengelus rusa-rusa yang emang mudah dipegang karena kandangnya tidak terlalu rapat. 

Namun, kami enggak bawa persiapan makanan atau rumput, jadi enggak bisa ngasih makanan buat rusa. Lagi pula, takut aja sembarang ngasih makan rusa, nanti tidak cocok dan rusanya bisa sakit.

Tahura WAR ini memiliki luas 22,244 hektar. Rusa yang ditangkarkan ini sudah mencapai ke-4 generasi dari berbagai jenis Rusa Timur yang indukannya dari Bogor.

Tahura WAR tidak jauh dari kota Bandar Lampung, sekitar 20-30 menit saja. Kalau dari rumahku ya sekitar 20 menit sudah sampai. Di sekitar Tahura WAR terdapat juga taman Kupu-kupu Gita Persada, sayang kami enggak bisa mampir karena sudah terlalu siang.

Oiya tahun ini Festival Wisata Hutan Lampung mengusung tema, "Optimalisasi Pengelolaan Hutan Wisata Hutan Untuk Mendukung Lampung Berjaya." Kegiatan FWHL ini berlangsung mulai 3-9 Juli 2023 dengan berbagai kegiatan lomba. Hasil lomba juga sudah diumumkan di IG panitia.

Nah, Sobat jalan-jalan Aisyah itulah ceritaku, semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Jalan-jalan ke Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman"