Yuk, Live Streaming di IDN App

Assalamualaikum Sobat Jalan-jalan Aisyah,  tahun 2022 akan segera berakhir, gimana udah bikin resolusi tahun 2023? Yap, setiap tahun biasanya aku bikin resolusi untuk meningkatkan kemampuanku. Di tahun 2022, aku sudah mulai berani live di berbagai platform. 



Skill live itu ternyata diperlukan loh, enggak sekedar di depan kamera dan ngomong. Ada berbagai aturan dan persiapan yang harus dilakukan sebelumnya. Apalagi setiap platform itu berbeda. Nah, saat ini sudah ada yang baru loh di IDN App!

IDN App memiliki fitur yaitu IDN Live yang memungkinkan seseorang membuat.
konten live streaming. IDN Media mencoba menjangkau target millenial dan gen Z dengan menjawab kebutuhan yakni, live streaming.

Untuk mengakses fitur IDN Live, kamu tinggal download aplikasi IDN App dan temukan berbagai konten yang tersedia. Ada banyak konten dari media-media yang dinaungi IDN Media.

Aku sendiri menyukai kegiatan nonton live streaming ini. Baik tema kuliner, kesehatan ataupun juga keseharian. Sejak pandemi, media sosial menjadi sebuah hiburan dan mencari informasi terkini. Apalagi live streaming dapat dinikmati di mana saja dan kapan saja.

"Biar enggak bosan!"
"Biar nambah ilmu!"
"Pengen aja, seru!"

Itu kata teman-temanku saat kutanya kenapa mereka suka nonton live streaming. Berdasarkan riset Indonesia Gen Z Report 2022 yang dilakukan IDN Research Institute,  diketahui kalau generasi Z sangat tertarik mengkonsumsi konten dengan format video, salah satunya live streaming yang menempati posisi kedua dengan persentase 13% setelah video-based content (75%).





Nonton live streaming kian diminati salah satunya karena ada  interaksi dua arah antara streamer. Kelebihan mengadakan live streaming bagi streamer dapat menjangkau fans baru mereka saat membuat konten live streaming. 

Bagi penulis, live streaming sangat bermanfaat untuk : 

1. Personal branding
Semakin sering aktif live streaming, kamu akan menemukan pembaca baru. Kamu dapat mengenalkan lebih dekat dengan pembaca novel atau pun buku terbarumu. 

2. Meningkatkan percaya diri
Melalui live streaming, kamu akan berlatih public speaking berbicara di depan orang secara langsung. Ini menjadi ajang latihan untuk kamu ketika menjadi nara sumber pelatihan menulis atau bedah buku. 

3. Promosi 
Untuk meningkatkan pembaca ketika buku akan terbit, kamu dapat memberikan spoiler tipis-tipis atau promo mengenai potongan isi bukumu.

4. Riset 
Dengan live streaming, kamu juga dapat melakukan riset keinginan pembaca novel atau bukumu. Adanya komunikasi dua arah, akan memudahkan untuk pembaca memberikan saran dan masukan untuk karyamu ke depan.

5.  Menguatkan micro community

Menurut William Utomo, COO IDN Media, live streaming ibarat nongkrong bareng di dunia nyata. Misalnya berkumpul dengan teman, apapun jenis aktivitasnya, seperti bermain games bersama, nonton video lucu dan lainnya. Orang akan senang ditemani bermain bersama. Maka, live streaming ini akan melahirkan  micro community yang sangat loyal dengan streamer favorit mereka. Loyalitas tersebut ditunjukkan dengan durasi konten yang mereka suka.

 “Mereka suka menonton berbagai macam konten, mulai dari konten bermain games, menonton video reaction, atau bahkan hanya mengobrol saja dengan streamer. Setiap harinya, mereka juga suka menonton konten dalam berbagai durasi, baik pendek maupun panjang. Perilaku audiens live streaming ini menjadikan mereka unik dibandingkan penikmat konten lainnya,” ungkap William. 

IDN Media terus berinovasi dengan mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi menciptakan micro community, salah satunya adalah komunitas esports yang terdiri banyak anak muda yang memiliki basis masa yang besar dan loyal. 

Beberapa tim esports yang bergabung dengan IDN Live untuk melakukan live streaming d iantaranya adalah ONIC Esports, Bigetron Esports, PAOXTIPI. Nah, siapa nih sering mabar alias main bareng?

Nah,Sobat Jalan-jalan Aisyah, kamu berminat live streamer di IDN Live? Kesuksesan tidak bisa instan, kamu harus konsisten untuk live streaming dengan kontenmu yang unik dan original. Kamu ingat Alif Cepmek? Alif viral dengan kata-kata, "Kamu nanya?" atau "Kamu bertanya-tanya?" kata yang unik dan original ini menjadi sebuah daya tarik dan banyak digemari orang.

Kini, jika kamu ingin sukses, yuk bergabung dengan IDN Live yang kreatif dan menebar konten positif. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Yuk, Live Streaming di IDN App"