Manfaat Bermain Sepeda Untuk Anak

Manfaat Bermain Sepeda Untuk Anak. Perkembangan ketiga anakku dalam kemampuan bermain sepeda berbeda-beda. Anak sulungku bisa bersepeda roda dua saat TK B. Anak keduaku saat masuk SD sekitar kelas 1 mau naik kelas 2. Sedangkan anak ketigaku masik TK A sudah bisa naik sepeda roda dua, bahkan sepeda milik abangnya. 

aisyah bermain sepeda
Aisyah senang bermain sepeda

Bersepeda memang menyenangkan. Apalagi olahraga bersepeda ini termasuk yang aman dan murah. Anak-anak juga sangat menyukainya. Kadang anak-anak bercerita pengalaman mereka berkeliling komplek dengan sepeda. Manfaat  bermain sepeda untuk anak sangat banyak, apalagi kalau didampingi orang tua, akan menambah keakraban antara orang tua dan anak. Bersama teman-teman juga akan menjadi lebih mudah bersosialisasi.

Berikut Manfaat Bermain Sepeda Untuk Anak :

1. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Dengan bermain sepeda, anak-anak belajar keseimbangan. Kaki mengayuh, tangan memegang stang, mata memandang fokus ke depan. Kadang juga melatih motorik kasar untuk kaki dna tangan bergerak membuat badan anak semakin sehat.

2. Meningkatkan Sosialisasi dengan Orang Lain

Bermain sepeda dengan teman-teman melatih anak untuk pandai berkomunikasi. Anak-anak anak berlatih berkenalan, memulai percakapan, sampai membuat group sepeda bersama. 

3. Melatih Kenal Lingkungan

Anak yang bermain sepeda, biasanya berani bertualangan ke lingkungan sekitar rumah. Anak-anak belajar menghapal rumah temannya. Arah gang atau nama jalan menuju rumah teman-temannya. 

4. Belajar Kepemilikan

Bermain sepeda melatih anak menjaga sepedanya. Anak akan belajar menghapal warna sepeda, merk dan mencuci sepedanya sendiri. Anak juga berlatih empati untuk meminjamkan sepedanya kepada temannya. 

5. Melatih Rambu Lalu Lintas

Untuk anak TK dan SD kelas kecil mungkin belum perlu berlatih ke jalan raya. Tapi, ada kondisi tertentu anak-anak berangkat ke sekolah dengan sepeda. Jadi kondisi ini membuat anak juga harus dilatih mengenal rambut lalu lintas. Kapan saatnya ke arah kanan, arah kiri, berbelok atau memutar 

6. Menanamkan Pola Hidup Sehat

Dengan rajin bermain sepeda, anak-anak akan berkeringat dan jauh lebih sehat. Bersepeda adalah olahraga kardio yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan sirkulasi darah.

7. Mengenal Obat Luka

Bermain sepeda tidak bisa lepas dari jatuh dari sepeda. Anak-anakku ada saja bekas lukanya saat jatuh bermain sepeda. Dari yang hanya lecet sampai harus dijahit ke rumah sakit. Namun, tidak membuat anakku trauma bermain sepeda. 

Adapun obat luka yang harus wajib ada di rumahku, yakini Betadine. Betadine dapat digunakan sebagai pertolongan pertama untuk mencegah infeksi pada luka bagian tubuh tertentu. 

Betadine Antiseptic Solution


Betadien sudah menjadi sahabat keluargaku, menjadi andalan dalam P3K.  Betadine Antiseptic Solution ukuran 5ml dan 30ml ada di rumahku. Betadine Antiseptic Solution  dengan harga terjangkau ini mampu mencegah kuman, virus, bakteri dan jamur pada luka. 

Betadine ini sudah dipercaya oleh Masyarakat dan Tenaga Kesehatan di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun. Zaman aku kecil, tahunya obat merah, tapi kini ada Betadine yang cairannya berwarna coklat. Nah, kok Betadine warna coklat? 

Povidone-Iodine bahan aktif dalam produk antiseptik BETADINE® memiliki warna alami coklat keemasan. Povidone-Iodine tidak akan mengubah warna kulit, kuku atau rambut. Jika secara tidak sengaja mengenai pakaian / handuk, cukup dibersihkan dengan air dan sabun. Segera bersihkan jika mengenai bahan plastik.

Tak cuma saat anak jatuh dari sepeda, Betadine juga andalanku saat tergores pisau di dapur atau tersandung kursi dan lecet lainnya. Produk Betadine ini banyak banget pilihannya, jika ingin stok untuk kebutuhan keluarga, silakan cek langsung ke  ke https://betadine.co.id/ .

32 komentar untuk "Manfaat Bermain Sepeda Untuk Anak"

  1. Senangnya punya ibu yang paham kesukaan anaknya akan sepeda
    Juga siap dengan betadine kalo anaknya luka

    BalasHapus
  2. Aku dulu jaman kecil sampai SMA kemana-mana naik sepeda mbak. Setelah lulus kuliah sampai sekarang jarang banget bersepeda. Anak kedua aja sekarang yang sudah bisa naik sepeda, anak pertama dan ketiga belum. Padahal ternyata banyak banget ya manfaat bersepeda ini.

    BalasHapus
  3. Pokoknya Betadine si imut dengan kemasan berwarna kuning ini udah jadi barang wajib yang ada di kotak P3K sekolah maupun rumah. Selalu sedia ini untuk atasi luka, dari zaman saya kecil dulu sampai sekarang udah punya anak.

    BalasHapus
  4. Betadine ini sudah menjadi obat andalan keluarga ya, Bunn. Selalu tersedia di kotak P3K. Inget dulu pas masih kecil, luka jatuh aja langsung ditetesi betadine ini :)

    BalasHapus
  5. Udah kudu masuk list sih Betadine ini, karena terpercaya dan penyembuhan untuk luka juga cepat serta gak sakit saat diaplikasikan

    BalasHapus
  6. Sepedaan itu menyenangkan. Apalagi saat gowes bareng serombongan teman ke beberapa tempat main. Jadi inget masa kecil dulu, kegiatan gowes tuh nikmat banget diadakan sore hari.

    Ngomongin BETADINE nih. Kalau di rumah saya sih wajib selalu ada di kotak obat. Wajib stok pokoknya. Apalagi jika punya anak-anak yang sedang giat-giatnya main dan bereksplorasi.

    BalasHapus
  7. Harus punya betadine nih ... di kotak obat, apalagi kalau anak-anak suka main sepedaa. betadine memang cocok buat luka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih iya, stok Betadine saya di rumah juga lagi habis. Lupa belum beli lagi. Padahal anak-anak doyan banget sepedaan. Meskipun jatuh dan jatuh lagi, ya happy happy aja mereka.

      Hapus
  8. Anak² juga seneng banget kalau disuruh sepedaan ni, Mbak. Gak senengnya kalau jatuh dari sepeda, aduhaaaaii nangis pasti karena kesakitan. Anyway, di rumah saya juga sedia betadine donk🤗

    BalasHapus
  9. Aku pun sampai sekarang sebutnya masih Obat Merah, bukan obat luka :))
    Di rumah juga selalu sedia Betadine nih mbak. Udah jadi andalan.

    BalasHapus
  10. Wah, iya...
    Jadi inget juga masa-masa kakak dan adek belajar sepedaan. Uda sepeda beres, pengen cobain hal lain lagi dan lagi. MashaAllah~

    NIkmat anak-anak sehat, mereka aktif explore segala hal.
    Tugas orangtua menjaga dengan menyiapkan apa yang mungkin anak-anak butuhkan, seperti Betadine Antiseptic Solution.

    BalasHapus
  11. Iya kalau anak lagi belajar naik sepeda tuh saya yang ngelihatnya ngeri, takut jatuh. Kalau jatuh, biasanya tuh bagian lutut jadi ada goresan luka karena beradu dengan jalan.

    Makanya perlu banget selalu sedia betadine ya, sebagai pertolongan pertama saat anak jatuh dan terluka

    BalasHapus
  12. Memang main sepeda menyenangkan banget ya Mba buat anak. Kalau Luka biasanya saya percayakan pada Betadine sejak dulu

    BalasHapus
  13. Anak-anakku juga seneng banget naik sepeda. Udha deh tiap sore pasti keliling komplek. Kemaren pulang-pulang nangis, eh ternyata abis jatoh. Lututnya berdarah deh, untung udah prepare Betadine Antiseptic Solution buat cedera kek gini.

    BalasHapus
  14. Sama nih aku dari dulu selalu pake betadine, gak percaya sama merk lain. Produk betadine lainnya juga kepake buat aku

    BalasHapus
  15. Anakku juga seneng sepedaan. Sekarang, lg up ke kemampuan yg sering bikin aku deg2an, yakni bersepeda loss stang. Takutnya tiba2 ada mobil/kendaraan lain. Walau di kompleks yg kendaraannya pelan2, tetap aja aku ngeri. Tapi kalau dibilangin jawabnya, aku hati2 kok bund :D.

    Aku juga sedia betadine ini mbak..obat wajib lah buat p3k

    BalasHapus
  16. Benefitnya banyaaakk bgt nggowes ini.

    Jiwa raga jadi sehat dan setrooongg

    Kalo Luka, andalannya Betadine bgt.

    BalasHapus
  17. Betadine obat yang selalu ada di rumah, serbaguna .

    BalasHapus
  18. Belajar naik sepeda pasti ada saatnya jatuh, makanya udah tepat banget nih kalau sedia Betadine untuk anak-anak di rumah.

    BalasHapus
  19. manfaat bermain sepeda untuk anak ternyata banyak juga dan baik buat tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  20. Bersepeda bagi anak-anak adalah permainan. Sebuah permainan yang sangat baik karena efek positifnya sangat banyak yang antara lain mengembangkan social skill si anak. Nah orang tua biasanya khawatirnya hanya kalau mereka jatuh dan terluka. Nah untuk keperluan tersebut Untung ada perawat yang akan melindungi mereka dari infeksi kalau sampai lutut terluka ya

    BalasHapus
  21. Ternyata hal yang terlihat sederhana di mata orang dewasa seperti naik sepeda ini, banyak manfaatnya untuk tumbuh kembang anak yaa..
    Kalau terluka, jangan lupa selalu sedia Betadine Antiseptic Solution di kotak P3K di rumah sebagai pertolongan pertama terhadap luka.

    BalasHapus
  22. Sama nih mba dirumah juga selalu sedia betadine antiseptic buat jaga2 pertolongan pertama klo ada yg terluka

    BalasHapus
  23. Bermain sepeda memang manfaatnya besar ya, mbak Naqi. Aku tuh juga suka lihat anak-anakku bersepeda saat sore. Selain mereka jadi lebih sehat, mereka juga lebih peka pada lingkungan dan jado ngerti makna berhati-hati

    BalasHapus
  24. Betadine memang obat wajib punya di setiap rumah, produk jadul tapi disukai sampai sekarang. Ampuh mengeringkan luka.

    BalasHapus
  25. Naik sepeda itu bikin anak jadi pantang menyerah juga ya mba, supaya bisa. Dia akan terus berusaha, sehingga berpengaruhi sangat baik pada tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  26. Bermain sepeda memang salah satu resikonya jatuh dan terluka. Tapi, ortu ngak perlu khawatir berlebihan ya mak, lecet dikit itu biasa. kita waktu kecil juga gitu hehe...
    Penting banget selalu sedia betadine di kotak P3K rumah kita agar luka kecil di tubuh sikecil segera mendapat perawatan yang cepat dan tepat.

    BalasHapus
  27. Mantap sekal ya manfaat olahraga, dan memang betul perlu disediakan Betadine tuk jaga2 kalo pas anak jatuh dari sepeda.

    BalasHapus
  28. Jadi kangen sepedaan. Huaaa. Sepeda anakku dua duanya lagi rusak. Mereka jadi ngerengek pengen sepedaan lagi. Belum sempat dibenerin. Sepeda itu memang menyenangkan dan bawa banyak keunggulan ya mbak. Saya aja sejak kecil udah naik sepeda. Umur masuk 3 tahun sepeda roda tiga. Lanjut sepeda roda dua sampai SMA

    BalasHapus
  29. Bersepeda itu menyenangkan ya asal hati-hati apalagi di jalan raya harus waspada lihat kendaraan lain untungnya anak-anak sepedaan masih sekitar kompleks karena belum terlalu mahir sih

    BalasHapus
  30. Yeaay Kaka Aisyah sudah bisa naik sepeda roda dua. Yuk main bareng Shanum, Shanum juga udah bisa naik sepeda roda doa looh...

    BalasHapus
  31. Nah iya anakku suka banget main sepeda tapi karena memang belum seimang jadi suka jatoh, kalau dengkulnya sih aku pakein pelindung biar ga lecet dan jadi berbeka, tapi kalo lainnya susah makanya memang perlu sedia betadin

    BalasHapus