Yoha Risna, Guru Muda yang Suka Mereview Buku

Assalamualaikum Sobat Jalan-jalan Aisyah,

Kenalan yuk dengan teman  kita bernama Yoha Risna, seorang guru muda yang suka dengan dunia literasi. Berasal dari kota Bandar Lampung. Selain guru muda, ia juga adalah seorang blogger yang bergabung dalam sebuah komunitas yang bernama Tapis blogger.

Yoha Risna, Guru Muda yang Suka Mereview Buku
Yoha Risna, Guru Muda yang Suka Mereview Buku


Karya dari Yoha Risna bisa dinikmati di halaman blognya yaitu www.yoharisna.xyz. Saat ini, ia tengah suka mengunggah sebuah karya tentang review buku yang dibaca, baik buku dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris.

Review  buku yang ditulis Yoha menarik dan unik. Yoha suka mengutip quote manarik di buku yang ia baca. Yoha membuat blognya sejak tahun 2018 ini semakin aktif sejak tahun 2021 dan lebih rutin mengisi blognya setiap bulan disbanding tahun sebelumnya.

Bagi Yoha, menjadi guru adalah salah satu hal yang sangat mulia, karena kita bisa bekerja sekaligus beramal yang nilainya tidak pernah bisa dinilai oleh uang. Yoha risna adalah salah satu guru muda yang sangat menginspirasi bagi murid-muridnya. Ia mampu memberikan nilai lebih kepada muridnya bahwa seorang guru harus mampu berkarya lebih, baik dalam literasi maupun dalam hal lainnya.

Ada cerita menarik yang disampaikan Yoha Risna dalam sebuah tulisannya yang berjudul “Yuk, Bersama Stop Bullying dengan Program Roots”. Ia menuliskan tentang kisah anak didiknya yang mengalami korban bully di sekolahnya. Anak itu sering diejek tubuhnya yang tinggi bahkan ada yang mengejek tentang ayahnya yang sudah pergi. 

Dalam tulisan tersebut, Yoha Risna juga menuliskan tentang pentingnya peran seorang guru dalam melawan bullying di sekolah, terutama di SMK BLK Bandar Lampung, tempat Ia mengajar dan mengabdi sebagai seorang guru.

"Sekarang ini, penguatan karakter peserta didik merupakan isu yang urgent untuk diperhatikan. Apalagi dengan.maraknya kasus bully baik di medsos atau pun di dunia nyata. Bisa dibilang, tugas guru dan orang tua di era digital ini makin penuh dengan tantangan." Ujarnya di salah satu postingannya di Instagram.

Yoha Risna, Guru Muda yang Suka Mereview Buku
Karena bergabung dengan komunitas blogger inilah aku jadi lebih percaya diri menuliskan pendapatku di blog.

Ternyata, Yoha Risna juga selain menulis review buku, Ia juga sangat aktif membagikan tentang kegiatannya sebagai seorang guru. Seperti tulisannya yang menceritakan tentang dirinya sendiri yang sangat kagum dengan sosok guru SD-nya, dan kisah itulah yang menjadi alasan ia untuk menjadi seorang guru yang profesional.

Yoha Risna sangat paham tentang kisah seorang guru dengan gaji yang kecil, tidak diangkat sebagai PNS walau sudah bertahun-tahun mengajar. Tapi, semua kisah itu tidak ada artinya dengan keinginannya menjadi seorang guru. Karena menurut Yoha Risna, tugas utama menjadi guru bukan hanya sekedar mentransfer pengetahuan dan keterampilan. Tapi juga memberikan keteladanan karakter yang mulia dalam kehidupannya. Semangat seperti itulah yang harus ada dalam setiap guru yang ada di Indonesia, demi generasi bangsa yang lebih baik.

Lalu, apa pendapat Yoha mengenai dunia blogger?

Kalau ditanya suka duka jadi blogger, aku pasti akan tersenyum.

Kenapa?

Bukan. Bukan karena jadi blogger itu menyenangkan saja. Tapi, karena jadi blogger itu sangat menyenangkan!

Mungkin, karena aku merasa bisa berbagi apa yang kurasakan tanpa jeda. Tanpa khawatir merasa malu, karena kata-kata tersekat di tenggorokan. Karena tiba-tiba demam panggung.

Well, typical of me.

Bukan juga, karena aku gak belajar bicara di depan orang banyak. Tapi, rasanya kok harus latihan untuk berani mengungkapkan pendapat yang biasanya terbenam di dasar hati. Karena takut dijudge dan ditertawakan. Hal yang mungkin nggak masuk akal. Tapi, begitulah yang kurasakan.

Sehingga, aku pun gabung dalam komunitas blogger. Bertemu dengan banyak orang berbeda yang hebat dan keren. Membuka insight ku bàhwa aku pun bisa mengembangkan kemampuanku. Kesadaran yang ada di pikiranku, tapi sulit dipraktikkan.

But, it's okey. One step at a time, right?

Anyway, karena bergabung dengan komunitas blogger inilah aku jadi lebih percaya diri menuliskan pendapatku di blog.

Teman-teman yang ingin lebih mengenal Yoha lebih lanjut, silakan hubungi media sosialnya :


IG : @risnayoha
Blog :
www.yoharisna.xyz

20 komentar untuk "Yoha Risna, Guru Muda yang Suka Mereview Buku"

  1. Wah, terima kasih, mbak Naqi. Akhirnya ada juga yang nulis tentang aku 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...mengagumkan..salam dari Bali Mbak Yoharisma. Terima kasih mbak Naqi yang sudah menulis tentang Mbak Yoha. Inspiring banget apalagi aku yang akhirnya terjun ke dunia pendidi6.

      Hapus
    2. Salam kenal Mba Yoha, semoga makin banyak menebar semangat baca. Senang banget ketemu guru yang berkecimpung di dunia literasi.

      Hapus
  2. profesi guru emang gaboleh dianggap sepele ya mbak, harus yang bener-bener niat tulus baru bisa jadi guru yang bertanggung jawab. apalagi jaman sekarang anak-anak makin pinter, gurunya harus lebih pinter dan berpengalaman. terimakasih sharing nya mbak, semangat untuk para tenaga pendidik!

    BalasHapus
  3. Wah mbak Yoha termasuk pahlawan tanpa tanda jasa ya..tugas guru sangat mulia ya walaupun dalam situasi sulit namun tugas guru menjadi penerang buat semua murid yang diajarnya . Semangat untuk mbak Yoha

    BalasHapus
  4. Kayanya saya pernah baca blog nya Mbak Yoha Risna deh
    Rasanya minder deh, baru ngeblog dari tahun 2018 tapi blog nya udah hebat

    BalasHapus
  5. Wah keren ... salam kenal ya Mbak Yoha Risna. Karena guru jadi banyak menulis tentang dunia antara guru dan murid, menarik banget Mbak.

    BalasHapus
  6. Berkarya sembari menekuni profesi bisa banget, apalagi dengan literasi dan menulis bisa bermanfaat bagi sebagian besar pembaca

    BalasHapus
  7. Selamat pagi ibu guru Yoha Risna,salam kenal dari saya Dennise di Depok.Saya selalu hormat dengan profesi guru karena tanpa guru saya tidak bisa menulis dan membaca. Mulia sekali...

    BalasHapus
  8. Kadang ngga ngerti, anak yang "kurang" kan harusnya disayang ya mbak Naqi, eh ini malah dibully

    aku langsung lanjut ke blog nya mbak Yoha Risna yaaaa

    BalasHapus
  9. wahhh salam kenal, Mba Yoha. Saya Ira blogger dari Buton Tengah Sulawesi Tenggara. Suamiku juga guru, hehehe

    BalasHapus
  10. Senangnya bisa kenal dengan Mba Yoha Risna. Inspiratif nih , sosok guru yang mengedepankan keteladanan untuk generasi mendatang. Semoga sukses dengan blog dan hobi mereview bukunya

    BalasHapus
  11. Daku setuju sama yang disampaikan kak Yoha, memang menulis di blog sangat membahagiakan, banyak wawasan yang didapatkan

    BalasHapus
  12. Waah, review sesama bloggernya manis sekali. Betul-betul mengulas keunikan dan kelebihan. Salam kenal ya mbak Yoha, jadi penasaran untuk main-main ke blog-nya

    BalasHapus
  13. Hmmm gara2 artikel ini aku juga pengen Review buku yang aku baca n aku terbit kan hihi suka lupa nih

    BalasHapus
  14. Waa, mbak Yoha ini teman saya di grup ODOP mbak. Lama banget ga kontak tapi saya masih simpan nomor WA nya. Mba Yoha kalau udah ngereview buku paling jago nih

    BalasHapus
  15. Salam kenal kak risna.
    Barokallah ya pekerjaannya. Semoga amal selama jadi guru menjadi tabungan untuk akhirat kelak ^^

    BalasHapus
  16. Wahh mbak Naqi akupun mau dituliskan profil biografinya donk hahaha...

    It's my dream karena kubaca2 semua perempuan yang ditulis profilnya adalah perempuan2 produktif yg menginspirasi..

    Salam kenal juga kak Yoharisna.. yuk review bukuku yuk hehehe

    BalasHapus
  17. Gabung komunitas blogger tuh jadi banyak kenal blogger keren dan menjadikannya sebagai inspirasi yah.

    BalasHapus
  18. Keren nih Bu Yoha. Cukup jarang ya kayaknya ibu guru yang suka ngeblog. Ya bisa dimaklumi, kesibukan dengan anak-anak muridnya pasti menyita waktu. Dan lebih kerennya, Bu Yoha juga banyak baca buku ya. Dobel-dobel nih langkanya. Salam untuk Bu Yoha. Semoga konsisten dengan ngeblog dan review bukunya :)

    BalasHapus