Tips Mengisi Kegiatan Liburan Malam Tahun Baru Tanpa Keluar Rumah

Assalamualaikum Sobat Jalan-jalan Aisyah,

Tips Mengisi Kegiatan Liburan Malam Tahun Baru Tanpa Keluar Rumah. Sejak kasus Covid-19 mulai merebak di bulan Maret, tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun. Semuanya terasa begitu cepat, bahkan tahun 2020 seakan baru “menjangkau”. Lebih dari itu, kita juga merindukan jalan-jalan disaat liburan akhir tahun. Berkumpul dengan keluarga atau sahabat tercinta  atau kegiatan akhir tahun yang telah rencanakan sejak lama. Maka, aku memberikan tips mengisi kegiatan liburan malam tahun baru tanpa keluar agar tidak bosan di rumah.

Tips Mengisi Kegiatan Liburan Malam Tahun Baru Tanpa Keluar Rumah


Tapi, jangan gunakan alasan ini untuk menyalahgunakan situasi! Karena selain wabah ini yang berada di luar kendali kita, pandemi COVID-19 juga membawa hikmah tersendiri. Coba deh teman-teman ingat, hal apa yang membawa ke sikap lebih positif sejak pandemi ini?  Nah, agar kamu bisa dengan bahagia menutup tahun 2020 tanpa harus keluar rumah, kamu bisa mencoba beberapa tips mengisi kegiatan liburan malam tahun baru tanpa keluar rumah berikut ini.

Tips Mengisi Kegiatan Liburan Malam Tahun Baru Tanpa Keluar Rumah


· Nonton

Berkumpul dengan keluarga atau menikmati me-time enaknya dengan nonton film. Biasanya aku nonton film bersama anak-anak. Ada juga nonton kartun kenangan dengan cari di youtube. Kalau suamiku lebih senang nonton kisah sejarah. Aku sih lebih menyukai nonton drakor tema sejarah aja,soalnya bajunya bagus-bagus heheh...

· Baca buku baru

Tahukah Anda apa yang disebut gaya hidup Hygge Denmark? Hygge adalah perasaan nyaman dan bahagia sambil menikmati hal-hal sederhana dalam hidup. Kegiatan yang bisa dibilang higienis adalah membaca buku di rumah, minum teh atau coklat panas, makan matabak sendirian.

Karena dunia kerja sangat sibuk, mengapa tidak meluangkan waktu untuk mempraktikkan kebersihan sebagai mengisi liburan akhir tahun dengan cara yang sederhana? Cobalah untuk mendapatkan buku yang selalu ingin Anda baca tetapi belum pernah Anda baca. Buat diri Anda senyaman mungkin dan nikmati Tahun Baru Anda dengan sesuatu yang tenang dan bahagia.

Me Time-Baca Buku


· Me-time

Banyak pilihan untuk menikmati liburan akhir tahun. Selain itu, berkumpul dengan keluarga, yakni jangan lupa bahagia. Aku sendiri alhamdulillah bersyukur dengan badan sehat dan bisa sedikit menyisikan uang untuk memanjakan diri. Aku bisa belanja online dengan menikmati bebas ongkos kirim.Tak perlu barang mewah, cukup perlengkapan dapur dan properti foto, misalnya. Ini telah membuatku bahagia. 

Selain itu, aku juga mencoba bermuhasabah dan  intropeksi diri dengan membuat list apa saja pencapaian di tahun 2021 dan juga apa yang harus aku perbaiki di tahun 2022 kelak. Aku lakuka agar semakin bersemangat menyambut tahun baru.

· Main Game Bareng Keluarga

Zaman aku kecil,kalau ngumpul keluarga besar ayahku,aku pasti bermain dengan sepupu. Dari kejar-kejaran, petak umpet, makin kartu/cangkul sampai bermain rebutan bantal hahah... di era digital ini, permainan tak hanya di dunia nyata, tapi juga dunia maya. Games online banyak sekali dan dapat bermain bersama anak-anak.

Salah satu games yang bisa bikin happy adalah Solitaire. Bak bernostalgia games masa zaman kuliah. Games ini sudah ada sejak aku kuliah, dulu aku bermain di komputer dan kini Solitaire makin berkembang dan bisa bermain sejak online. Tidak perlu donwload dulu! Siapkan aja kuota dan sinyal yang kuat!

Games Solitaire yang aku sukai :

1. Play Hearts Card
Bermain kartu di sini jadi ingat main cangkul. Ya, mengocok kartu. Pemain harus mencocokkan kartu pertama yang dimainkan. Jika mereka tidak bisa, mereka bisa memainkan setelan lain. Hati hanya dapat dimainkan sebagai kartu awal setelah "patah", artinya setelah seseorang memainkan Hati karena tidak memiliki setelan yang tepat. Pemain dengan peringkat tertinggi dari setelan awal memenangkan trik.

Play Hearts Card


2. Zuma Ball Match 3 
Ingat enggak dulu permainan zuma ini ngehits banget. Aku dulu gantian dengan keponakan bermain di komputer. Seru banget Zuma. Permainan ini memiliki 10 level. Di dalam setiap level ada rantai bola terbatas yang bergerak menuju akhir level. Tugas Anda adalah membuat set 3 bola atau lebih berturut-turut untuk melepaskannya dari rantai sebelum sampai ke ujung. Tembakan Anda dapat menciptakan reaksi berantai di mana menggerakkan 3 bola kuning menyebabkan 2 bola hijau dari satu sisi cocok dengan bola hijau dari sisi berikutnya dan menghilangkannya juga.

Zuma Ball Match 3



3. Garden Secrets Hidden Objects
Bermain ini sangat menyenangkan dengan cara menemukan benda tersembunyi di dalam game. Klik pada objek untuk memilihnya. Cubit atau klik panjang gambar untuk memperbesar atau memperkecil. Ada tombol layar penuh di sudut kanan bawah permainan.

Garden Secrets Hidden Objects

Bagaimana Agar Kegiatan Akhir Tahun Bermanfaat ?


1. Membuat scrapbook

Tahun 2020 akan menjadi tahun yang tak terlupakan akibat wabah Corona yang melanda dunia. Kita dapat mengabadikan beberapa waktu selama 12 bulan ini dengan menyusunnya menjadi sebuah scrapbook. Agar lebih menarik, buatlah scrapbook sekreatif mungkin. Bahan yang mudah didapat seperti kertas warna, pulpen, gunting, lem dan pensil warna.

2. Menulis Resolusi Tahun Baru

Menulis solusi adalah hal yang biasa dilakukan di pergantian tahun. Tinggal di rumah pada liburan Malam Tahun Baru memberi kita banyak waktu untuk menulis resolusi Tahun Baru. Coba tuliskan resolusi Tahun Baru yang mencakup pekerjaan, kesehatan, keuangan, hubungan dengan pasangan, dan perawatan diri.

3. Membuat Papan Resolusi

Setelah menulis resolusi Tahun Baru, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat panel solusi kreatif sebanyak mungkin. Anda juga dapat membuat panel solusi online menggunakan aplikasi ataumembuat design sendiri di Canva, Power Point, dll.

Nah, sobat Jalan-jalan Aisyah semoga tips mengisi kegiatan liburan malam tahun baru tanpa keluar di atas bermanfaat. Selamat menikmati berkumpul keluarga. Semoga tahun 2022 kita semakin lancar urusannya dan sehat semua, aamiin.

20 komentar untuk "Tips Mengisi Kegiatan Liburan Malam Tahun Baru Tanpa Keluar Rumah"

  1. ternyata main game juga ada dalam salah satu tipsnya ya...

    Saya sendiri untuk mengisi liburan dirumah sukanya bermain game

    BalasHapus
  2. Wah seruu ini, Terima kasih mbk atas artikelnya. Bisa jadi referensi untuk mengisi liburan akhir tahun ini.

    BalasHapus
  3. Wah seruu ini, Terima kasih mbk atas artikelnya. Bisa jadi referensi untuk mengisi liburan akhir tahun ini.

    BalasHapus
  4. Masyaallah, keren. Kadangkala orangtua tidak sempat menyiapkan agenda liburan dengan cermat, sehingga masa liburan berlalu begitu saja tanpa meninggalkan kesan yg lebih mengeratkan keluarga

    BalasHapus
  5. Kebetulan aku enggak merayakan tahun baru. Jadi buat aku malam tahun baru sama seperti malam malam lainnya, tidur dan beaok beraktifitas seperti biasa hehe.

    Tapi ini ide kegiatan yang menarik untuk dilakukan di malam malam gabut

    BalasHapus
  6. Tiap tahun baru sih aku nggak ada aktivitas khusus. Karena nggak merayakannya juga. Tapi biasanya buat daftar evaluasi dan resolusi aja

    BalasHapus
  7. Saya terbiasa di rumah aja setiap malam tahun baru mbak, tidur setahun hehehe..... Tapi kadang pesen martabak dan roti bakar, lalu disantap bersama. Sambil ngobrol macem-macem.

    BalasHapus
  8. naaah kemaren karena mendapat "tanda sayang dari Allah" berupa Ummi pergi untuk selamanya dan ujian lagi berupa adikku stroke,
    malam tahun baru kami ngariung di eyang dan para keponakan main kartu UNO - sedia camilan dan makanan yang banyak ajah,

    ternyata mengisi tahun baru dengan sederhana tapi ngumpul juga cukup

    BalasHapus
  9. Wah sama mak sudah dua kali tahun baru ngak kemana-mana tapi memang tahun baru jarang pergi-pergi paling cari aktivitas di rumah, anak-anak main game, ayahnya kadang suka bakar ayam atau ikan. Nah kalau emaknya nonton drakor hahaha. Untungnya anak-anak juga ngak pernah menuntut harus kemana, lebih suka di rumah.

    BalasHapus
  10. Kalau Mpo suka malam tahun baru bakar jagung kebetulan e-commerce ngadain sale jagung. Cocok dah moments

    BalasHapus
  11. Boleh nkh idenya... Dari pada berkerumun mending di rumah ya.. Nonton tv sambil nyemil popcorn. Atau kalau nggak main games di solitaire.org

    BalasHapus
  12. Aku juga melakukan tips mengisi kegiatan liburan malam tahun baru tanpa keluar rumah, malah dengan membuat artikel tentang "toko komputer lengkap dan harga kompetitif di Balikpapan".

    Kami sekeluarga termasuk yang kurang nyaman dengan kondisi malam liburan di Balikpapan.
    Pasti akan macet di sana-sini.

    Btw,
    Aku juga pernah main games online tapi di plays.org.
    Ntar pengen coba juga yang di solitaire.

    BalasHapus
  13. Tahun baru kemarin aku juga mulai liat-liat buku bacaan yang rencananya aku ikutkan program "Maksakeun Maca" yang di inisiasi sama sahabat menulis.
    Alhamdulillah, 1 buku selesai dan tinggal menulis resensinya.

    BalasHapus
  14. Tiap pergantian tahun ga pernah keluar rumah mungkin karena kebiasaan dari kecil juga ini, jadinya pasti nonton di rumah atau cuma leyeh leyeh

    BalasHapus
  15. Mala tahun baru kemarin kami sekeluarga juga tidak pergi kemana-mana. Cukup bersama keluarga barbequan di rumah saudara yang tidak jauh dari tempat tinggal kami. Lalu saling mengobrol, bercanda tawa dan main kembang api. Udah. tentunya semua punya harapan di tahun baru ini segala sesuatunya menjadi lebih baik..

    BalasHapus
  16. Dari beberapa tahun lalu, pas tahun baru tuh kupakai buat nonton. Udah paling benar apalagi biasanya hujan. Nah kemarin akhirnya nge-game lagi dong. Nyandu di liburan kaya gini

    BalasHapus
  17. Tahun baru aku udah 3 tahun ini lebih memilih diam di rumah, paling tidur. Kalau tahun ini karena ada anak bayi jadi ya rame-rame godain bayi, ajak main, habis itu tidur, tau-tau udah 1 Januari aja hehe

    BalasHapus
  18. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi malam tahun baru ya mbak tanpa harus keluar rumah, semuanya menyenangkan. Aku sih paling nonton film aja, kalau anak-anak pastinya suka main games

    BalasHapus
  19. Malam tahun baru yang lalu saya juga nggak keluar rumah. Emang nggak pernah sih, biasanya cuma nonton aja sama anak-anak. Tapi kalau tahun2 sebelumnya nonton animasi, tahun ini ngedrakor aja, nonton The Silent Sea, hehe.

    BalasHapus
  20. seru yaaa, malam tahun baru kalau saya jg males keluar, dimana2 macet karena mau menikmati kembang api. Mending di rumah, bakar2 sendiri bareng keluarga.

    BalasHapus