5 Ide Bermain di dalam Rumah

"Mi, kapan kita ke Bengkulu?" tanya Aisyah anak ketigaku. 

"Belum, dek, tunggu selesai pandemi, ya!" jawabku mencoba menghibur.

Jujur aku kangen banget mudik ke Bengkulu. Jalan-jalan ke Pantai Panjang, Danau Dendam atau ke Benteng Marlborough. Kenangan masa sekolah dan kuliah berkeliaran di benakku. Masya Allah, ternyata bukan hanya aku yang kangen mudik. Anak-anak juga kangen ke Bengkulu bertemu keluarga di sana.

Apalagi sebentar lagi liburan semester, anak-anak banyak waktu untuk bermain. Walau tidak bisa mudik ke Bengkulu, aku jadi mencoba mencari ide bermain agar anak-anak tidak bosan saat liburan kelak. 

5 Ide Bermain di dalam Rumah

Berikut ide bermain di dalam rumah yang menyenangkan :

1. Bermain rumah-rumahan

Ayo, siapa yang  kecil dulu suka bermain rumah-rumahan? Aisyah senang sekali bermain rumah-rumahan dengan berbagai peran. Kadang minta jadi mama, kadang mau jadi anak. Biasanya kami siapkan tenda rumah-rumahan atau dari kardus. Satu paket dengan bermain masak-masakan. Aisyah menyediakan makanan cepat saji dan kami disuruh membeli, hihi...

2. Tebak Kata

Biasanya ini kami menuliskan kata di atas kertas. Kemudian menebak dengan cara memperagakan gerakan kata yang ada di dalam kertas. Misalnya, di kertas tertulis "Bebek" maka, yang orang tua memperagakan gerakannya, anak menebak  nama hewan tersebut.


3. Lego

Rata-rata anak-anak menyukai bermain lego. Dapat dibuat berbagai bentuk. Mulai dari rumah-rumahan, robot-robotan, hingga mobil-mobilan. Permainan ini seru sekali!

4. Susun Menara gelas

Caranya mudah, siapkan gelas plastik, anak-anak akan menyusun seperti menara agar tidak jatuh. Ini mengajarkan anak-anak untuk sabar, teliti dan pantang menyerah.

5. Bermain Games di Plays.org

Teman-teman, bermain games di Plays.org banyak pilihannya! Bahkan ada ratusan games loh! Plays.org adalah situs games online yang memiliki banuak pilihan/genre games di situsnya. Ada games game kartu, games sport, game edukasi, solitaire dan lainnya.

Bermain Games di Plays.org

Cara bermainnya sangat mudah, tak perlu install aplikasi, teman-teman cukup berselanjar ke situs Plays.org di Google. Nah, klik deh sampai bawah ada pilihan game-nya. 

Apakah Aman Untuk Anak-anak?
Teman-teman dapat memilih game yang sesuai dengan usia anak. Aku sendiri mengajak Aisyah memilih permainan yang cocok untuk Aisyah. 

Mencoba Game di Plays.org

1. Flintstones Yabba Dabba Dinosaurs Kids Jigsaw Puzzle Game

Flintstones Yabba Dabba Dinosaurs Kids Jigsaw Puzzle Game
Permainan games online ini menggabungkan potongan puzzle. Anak akan belajar menggabungkan dengan cepat dan teliti sesuai potongan gambar. Setiap potongan gambar tinggal digabungan karena tidak perlu dibalik. 

2. Play Barbie Dreamtopia Sparkle Mountain Royal Ride Game Online

Play Barbie Dreamtopia Sparkle Mountain Royal Ride Game Online

Permaianan ini mudah dilakukan anak kecil. Kalau untuk orang dewasa sudah tidak cocok karena sangat mudah dan memosankan. Tapi, bagiku menyenangkan sekali. Aisyah juga senang karena bermainnya lurus saja, melompat dan
mendapatkan poin.

3. Cat Around the World Alpine Lakes: Physics Puzzle Game

Cat Around the World Alpine Lakes: Physics Puzzle Game

Anak-anakku suka banget dengan kucing, jadi saat bermain ini sangat menyenangkan. Caranya mudah klik saja bagian segitiga yang mudah pecah sehinga menjatuhkan bola sampai ke lokasi si kucing. Gemes kan? Yuk, kalian sudah level berapa?

Nah, Teman-teman itulah permainan yang dapat dilakukan di dalam rumah. Teman-teman dapat melakukan mengajak anak-anak agar semakin seru menikmati liburan akhir tahun. Anak-anakku suka dan sangat menikmati permainan dan kebersamaan bersama keluarga. Bermain bersama anak akan membuat semakin akrab dan membangun komunikasi yang baik. Selamat mencoba!

15 komentar untuk "5 Ide Bermain di dalam Rumah"

  1. Kak saya baru tahu loh kalau Games di Plays.org sebanyak itu, ini sih ga cuma anak-anak saja yang senang orang dewasa juga betah main game seperti ini. Apalagi saya yang lebih tertarik sama game-game yang ringan-ringan, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget pilihannya kak dan seru untuk bermain

      Hapus
  2. Wah, ide yang menarik. Bisa jadi bahan permainan dengan anak untuk di hari lubur nih.

    BalasHapus
  3. Asyiiiik.. semuanya udah pernah kucoba nih selama di rumah aja. Btw, itu Cat Around the World Alpine Lakes: Physics Puzzle Game keknya lucu nih, coba mainin ah, hihi..

    BalasHapus
  4. aku suka banget sama website plays. Soalnya komplit banget gamesnya. Aku mainin semua permainan yang temanya scooby doo. Emang karakter favorit aku scooby doo tuh. Pas dicek ternyata tipe permainannya emang yang aku suka juga. Makin betah maininnya

    BalasHapus
  5. Simpel tapi worth it ya Mba Naqi. Anak-anak jadi happy di rumah plus deket sama orang tua kalau ada permainan kayak gini tuh. Aku kalau ngegame yang simpel dan biasanya main sama adikku hehe

    BalasHapus
  6. Ya ampun, aku jadi flashback saat masih kecil dulu, shbis pulang skolah pasti main baju-baju atau rumah2an itu dehh mbak. trus ktemu temen2 main jga ujung2 nya psti akan main rumah2an lagi hehehe
    Tpi klo skrg mw main bisa di Plays.org ya. Asyik dahh, aku udah punya satu prmainan favorit deh, yg bikin nagih saat mainkannya hehee

    BalasHapus
  7. Kok aku jadi inget jaman masih kecil ya, suka main rumah-rumahan sama sodara ceritanya lagi tetanggaan gitu, wkwk. Trus main lego juga, bikin istana walau entah mirip apa ngga, haha.. Ohiya aku baru tau games di plays ini, menarik ya kayanya..

    BalasHapus
  8. Plays.org yah, di situs itu aku suka main game spiderman kalo genre-nya adventure dan kalo pengen asah otak sambil berpusing ria main game sudoku. Hehehe

    BalasHapus
  9. zaman sekarang enak ya, sudah banyak alternatif permainan untuk anak-anak main di rumah, khususnya yang berbau teknologi, salah satunya website plays(dot)org..

    BalasHapus
  10. Plays.org udah banyak yg coba nih katanya seru bgt. Aku makin penasaran. Mayan utk ngisi waktu kalo lagi gabut atau bosen hehe

    BalasHapus
  11. Wah dirumah jadi gak bosen yaa karena main game ini, duh jadi kangen waktu kecil sering banget main game seperti ini. Sekarang mau main tapi gak sempet terus,hhu

    BalasHapus