Tips Renovasi Rumah Tahan Gempa, Jangan Dilewatkan


Gempa menjadi salah satu jenis bencana alam yang sulit diprediksi dan memberi dampak yang berbahaya. Bencana ini bisa merobohkan bangunan rumah dan tentu saja akan mengancam keselamatan penghuninya.


KTA atau kredit tanpa agunan bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin melakukan renovasi rumah. Termasuk bentuk renovasi rumah dengan tujuan khusus misalnya untuk membuat rumah yang tahan terhadap gempa. Untuk tipsnya simak di sini.

Perhatikan Tips Renovasi Rumah Tahan Gempa

Jika kamu ingin melakukan renovasi rumah tahan gempa, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut ini beberapa tips renovasi yang bisa membantu kamu mendapatkan rumah tahan gempa:

●      Buat Desain yang Tepat

Tips pertama, kamu perlu membuat desain yang tepat supaya bisa membangun rumah yang nyaman dan memang tahan terhadap gempa. Masalah desain ini kamu bisa menyesuaikan antara keinginan dengan referensi yang tepat.

Carilah referensi desain rumah tahan gempa yang memang sudah terbukti kokoh. Kamu bisa mencari tahu seperti apa bentuk rumah tahan gempa pada umumnya dan memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

●      Gunakan Jasa Arsitek yang Berpengalaman

Selanjutnya kamu bisa memilih jasa arsitek yang berpengalaman. Tentu dalam proses renovasi rumah kamu harus melibatkan orang-orang yang sudah berpengalaman dan memang profesional.

Apalagi rumah yang akan kamu bangun merupakan rumah tahan gempa yang pastinya butuh desain dan konstruksi khusus. Jika diserahkan pada orang yang tidak profesional maka bisa jadi hasil akhirnya tidak sesuai harapan.

●      Pakailah Bahan Berkualitas

Tentu saja bahan atau material yang akan kamu gunakan di rumah tersebut akan memberi pengaruh besar. Pastikan kamu hanya memakai material yang berkualitas demi menghasilkan bangunan kokoh.

Saat ini ada banyak sekali jenis material bangunan yang mungkin dapat kamu jumpai. Pastikan untuk melakukan survei dengan tepat dan selektif memilih. Jangan mudah terkecoh dengan penawaran harga yang terlalu murah.

●      Perhitungkan Budget

Tentu sangat penting untuk memperhitungkan budget selama proses renovasi rumah tahan gempa. Bisa jadi rumah jenis ini akan membutuhkan biaya renovasi yang lebih besar dari rumah biasa.

Hitung baik-baik apa saja yang kamu butuhkan selama proses renovasi. Lalu pastikan kamu menyesuaikannya dengan budget yang sudah tersedia. Dalam urusan budget ini, bisa saja kamu akan membutuhkan suntikan dana dari KTA.

Produk pinjaman yang tidak membutuhkan jaminan semacam ini bisa didapatkan dengan cepat dan memungkinkan untuk proses pembangunan atau renovasi rumah.


Desain Rumah Tahan Gempa

Ada beberapa jenis desain rumah tahan gempa yang sudah dikenal oleh masyarakat saat ini. Salah satunya mungkin bisa menjadi inspirasi bagimu. Berikut adalah beberapa ide desain rumah tahan gempa yang bisa kamu pilih:

●      Rumah Dome

Pertama ada desain rumah dome atau disebut juga rumah Teletubbies. Ini merupakan rumah yang berbentuk igloo dengan konsep bangunan setengah lingkaran. Bentuk rumah seperti ini diketahui jauh lebih tahan terhadap guncangan.

●      RIKA

Lanjut ada RIKA atau rumah instan kayu dari Kementerian PUPR yang juga dinilai bisa tahan terhadap gempa. Sesuai namanya, rumah ini menggunakan konstruksi dengan material kayu yang cukup kuat dan tahan guncangan.

●      Rumah Conwood

Berikutnya ada desain rumah conwood yang memakai material panel non-kayu. Material yang digunakan adalah semen dan serat jadi jauh lebih lentur saat ada gempa atau guncangan.

●      RISHA

Tidak hanya RIKA, Kementerian PUPR juga membuat desain rumah RISHA yang dinilai tahan gempa. Ini adalah bentuk rumah yang dibangun dengan konsep bongkar dan pasang.

Dalam proses pembangunannya, rumah seperti ini tidak butuh material semen maupun bata. Material yang digunakan hanyalah gabungan panel beton dan baut.

●      RUSPIN

Selanjutnya ada RUSPIN atau kependekan dari Rumah Unggul Sistem Panel. RUSPIN itu sendiri adalah hasil pengembangan dari RISHA dan masih menggunakan sistem bongkar pasang.

Meskipun berkonsep sama, namun RUSPIN sendiri mempunyai keunggulan dibandingkan RISHA. RUSPIN lebih hemat dari segi biaya dan teknologi yang dipakai juga sudah lebih maju.

Ciri Rumah Anti Gempa yang Aman

Jika ingin sukses merenovasi rumah tahan gempa, tentu kamu harus memenuhi kriteria khusus. Berikut adalah beberapa ciri rumah anti gempa yang bisa kamu jadikan sebagai panduan:

●      Struktur Bangunan Sederhana

Ciri yang pertama, rumah tahan tempat harus mempunyai struktur bangunan yang sederhana. Selain itu strukturnya harus simetris sehingga bisa jauh lebih tahan terhadap guncangan.

●      Memiliki Pondasi yang Kuat

Tentu saja rumah tahan gempa harus punya pondasi yang cukup kuat. Itulah mengapa material yang dipakai untuk membangun pondasi harus benar-benar berkualitas.

Demi memenuhi kebutuhan terhadap material pondasi yang kuat dan berkualitas, kamu bisa mengajukan pinjaman. KTA adalah pilihan tepat karena proses pengajuan cepat dan persyaratannya cukup mudah.

●      Bangunan Tidak Terlalu Tinggi

Bentuk rumah tahan gempa juga seharusnya cukup pendek atau tidak terlalu tinggi. Tinggi bangunan tidak boleh lebih dari 4 kali lebar bangunan agar bisa lebih tahan terhadap guncangan.

●      Bobot Bangunan Ringan

Ciri berikutnya adalah bobot bangunan yang ringan. Rumah tahan gempa sebaiknya menggunakan jenis material yang ringan. Itulah mengapa Kementerian PUPR memakai material kayu untuk membangun jenis rumah semacam ini.

Jika kamu ingin menjalankan renovasi rumah tahan gempa namun terhalang dana, pakailah modal dana dari digibank KTA. Di sini kamu bisa mendapatkan limit sampai Rp200 juta. Pengajuannya bisa diselesaikan secara online dan prosesnya cepat.

Kamu bisa memanfaatkan KTA dari digibank ini sebagai pilihan untuk merenovasi rumah tahan gempa yang cukup kuat. Klik di sini untuk informasi lebih lengkap.

 

Posting Komentar untuk "Tips Renovasi Rumah Tahan Gempa, Jangan Dilewatkan"