Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor untuk KesehatanMoringa oleifera ini merupakan sejenis tumbuhan yang di tanam di tanah tropis. Tanaman ini memiliki khasiat yang banyak sekali tentunya juga sebagian besar orang menggunakan tanaman ini sebagai obat-obatan karena sangat bermanfaat bagi kesehatannya. Daun kelor juga memiliki sifat antijamur, antivirus, antidepresan dan anti-inflamasi.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan


Moringa oleifera ini lebih dikenal orang dengan sebutan daun kelor, perlu Anda ketahui ternyata daun kelor ini banyak sekali kandungannya, Nah,pda artikel ini Anda akan mengethui isi kndungan atau lebih ke Manfaat Daun Kelor untuk kesahatan Anda, berikut ini.

Kandungan Daun Kelor

Daun kelor mengandung banyak senyawa sehat seperti:

• Vitamin A

• Vitamin B1 (tiamin)

• B2 (riboflavin)

• B3 (niasin), B-6

• Folat dan asam askorbat (vitamin C)

• Kalsium

• Kalium

• Besi

• Magnesium

• Fosfor

• Seng

Hal ini juga sangat rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol berbahaya .

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Kelor dipercaya memiliki banyak manfaat dan kegunaannya mulai dari kesehatan dan kecantikan hingga membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit. Manfaat kelor antara lain:

1. Melindungi dan Menutrisi Kulit dan Rambut

Minyak biji kelor bermanfaat untuk melindungi rambut dari radikal bebas dan menjaganya tetap bersih dan sehat. Moringa juga mengandung protein, yang berarti sangat membantu dalam melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Ini juga mengandung elemen hidrasi dan detoksifikasi, yang juga meningkatkan kulit dan rambut.

2. Mengobati Edema

Edema adalah kondisi yang menyakitkan di mana cairan menumpuk di jaringan tertentu dalam tubuh. Sifat anti-inflamasi kelor mungkin efektif dalam mencegah edema berkembang.

3. Melindungi Hati

Kelor tampaknya melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh obat anti-TB dan dapat mempercepat proses perbaikannya.

4. Mencegah dan Mengobati Kanker

Ekstrak kelor mengandung sifat yang dapat membantu mencegah berkembangnya kanker . Ini juga mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker.

5. Mengobati Keluhan Lambung

Ekstrak kelor dapat membantu mengobati beberapa gangguan perut, seperti sembelit , gastritis, dan kolitis ulserativa. Sifat antibiotik dan antibakteri kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen, dan kandungan vitamin B-nya yang tinggi membantu pencernaan. 

6. Mengobati Asam Urat
Pengalamanku mengkonsumsi sayur bening daun kelor, badan yang awalnya pegal, tangan kesemutan, alhamdulillah tak lama langsung baikan. Jujur, awalnya aku kurang percaya karena daun kelor tumbuh di sekitar rumahku, tapi jarang aku lirik. Suatu hari, ngobrol dengan tetangga soal tanganku yang sering kesemutan. Alhamdulillah akhirnya aku bisa mengatasi asam uratku.

Demikianlah artikel manfaat daun kelor untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Salam sehat ya!

29 komentar untuk "Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan"

  1. Aku cukup suka makan daun kelor. Paling suka dibuat sayur bending dg Bumbu sederhana Dan ringan. Selain itu juga dibuat jadi dadar telur. Yummy.

    BalasHapus
  2. Banyak juga ya manfaat kelor ini. Sayang di desa masih banyak yang tidak mengolahnya. Ibuku suka buat campuran sayur bening

    BalasHapus
  3. saya belum pernah loh makan daun kelor. Ternyata bagus untuk kulit juga ya. Saya punya autoimun kulit, harusnya banyak makan daun kelor berarti nih.

    BalasHapus
  4. Apapun kandungannya, daun kelor tetaplah terenak dimakan bersama ikan asin di tengah siang terik.

    BalasHapus
  5. Di sekitar rumah juga tumbuh liar daun kelor. Belum ngeh manfaatnya , sampai Ibu saya cerita itu ga cuma disayur seperti saat kecil saya dulu. tapi manfaat buat obat juga banyak. Bahkan Ibu saya memakainya sebagai masker wajah . Wah, bagus memang daun kelor ya

    BalasHapus
  6. Ternyata banyak sekali manfaat daun kelor untuk kesehatan ya. Bisa untuk mengobati asam urat juga. Bisa saya kasih tahu ke teman saya nih, dia punya penyakit asam urat, dan kalau sedang kambuh sampai susah untuk berjalan

    BalasHapus
  7. Sudah setahun ini aku minum teh daun kelor. Untuk maintaince kesehatan saja. Dan ini terbukti semenjak minum tubuh lebih fit dan puji Tuhan badan sehat. Yang bagus sih langsung daunnya ya tetapi di pasarku gak ada

    BalasHapus
  8. Daun kelor nih aku paling suka kalau dibuat sayur bening. Baru tau nih ternyata banyak banget manfaat dari kandungan daun kelor ini. Apalagi didesaku masih banyak yang punya pohon kelor jadi kalau pengen tinggal metik deh selain gratis bonusnya bagus banget untuk kesehatan.

    BalasHapus
  9. Oh, ternyata daun kelor bisa mengatasi keluhan lambung ya. Pantas waktu itu aku sempat ga enak perut di luar kota. Ada kerabat memasak sayur bening daun kelor. Enak ternyata rasanya. DIpadukan dengan telur dadar wuih mantap deh. Jadi kepengen bikin juga tapi agak susah mendapatkan daun kelor :)

    BalasHapus
  10. Karena aku ga terlalu suka sayur dan jarang banget makan daun kelor. Aku tiap hari mengkonsumsi tablet Moringa nya, dulu dapet dari resep dokter eh jadi keterusan, karena banyak banget manfaatnyaa.

    BalasHapus
  11. Papa rahimahullah adalah penggemar sayur daun kelor mbak, ada salah satu warung di Jogja yang menyediakan menu tersebut. Sayangnya aku belum nyobain, tapi setidaknya lewat tulisan ini jadi tahu kalau mengandung banyak vitamin penting bermanfaat bagi tubuh ya

    BalasHapus
  12. Wah banyak banget manfaat daun kelor ya. Untung aku suka banget membuatnya sebagai sayur bening atau di gulai bersama labu kuning plus dimasukan ikan jambal. Lewat deh semua sayur kalau sudah masak daun kelor :)

    BalasHapus
  13. Zat mikro nutrien dari kandungan daun kelor ini bagus sekali untuk kesehatan tubuh. Karena biasanya kita kerap abai terutama untuk kebutuhan gizi mikro. Padahal efeknya bisa luar biasa yaa..

    BalasHapus
  14. Banyak ya manfaat daun kelor. Dulu aku sering abai nih. Padahal di rumah nenek banyak. Lha sekarang giliran udah tahu manfaatnya, nyarinya susah. Di rumah nenek udah ditebas habis. Jadi kudu pesen sama orang gunung kalo lagi perlu.

    BalasHapus
  15. Waah ternyata daun kelor bisa untuk mengobati sakit lambung juga yaa... pas tuh di kebun ada. Selama ini suka banget kalau dibikin sayur bening.

    BalasHapus
  16. kalau inget daun kelor zaman kecil kyknya berhubungan ma mistis2 hehehe
    Ternyata banyak manfaatnya buat kesehatan yaa
    Aku keingetguruku dulu ada yang bikin juga penelitian ttgbdaun kelor buat obat2an cuma aku lupa obat apa
    Ternyata emang bener banyak manfaatnya, cuma aku gak tahu penelitiannya lanjut apa gak, waktu itu aku msh kecil hehe

    BalasHapus
  17. bener nih mak, daun kelor manfaatnya berjuta buat kesehatan tubuh, aku pernah coba konsumsi daun kelor yang berbentuk bubuk trus ku minum campur madu. buat lambung bisa juga

    BalasHapus
  18. memang banyak ya mba manfaatnya daun kelor ya dan waktu di Jakarta aku lumayan sering juga minum teh daun kelor

    BalasHapus
  19. Daun kelor memang punya banyak manfaat bagi kesehatan ya mbak
    Di taman RT kompleksku ada banyak tanaman daun kelor
    Aku juga biasa masak sayur kelor

    BalasHapus
  20. Daun kelor saat ini mulai langka lho.
    Ternyata Daun kelor itu banyaj khasiatnya ya.

    BalasHapus
  21. Selama ini aku tahunya daun kelor bagus buat asi. Hehe. Di sayur bening enak. Kalo buat edema diminum juga atau ditempel di bagian yg edema?

    BalasHapus
  22. Nah, daun kelor nih lupa kemaren udah lama juga minta bibitnya ama bu lurah, hahaha. padahal ini enak dijadikan gulai

    BalasHapus
  23. wow banyak banget ya manfaat daun kelor ini. Saya baru tahu malahan daun ini setelah kakak saya pindah ke Bogor. Pas di depan rumahnya tumbuh pohon kelor. Enak ya daun kelor dimasak sayur bening, seger.

    BalasHapus
  24. ternyata banyak juga ya manfaat daun kelor, kalau saya tahunya bisa buat booster ASI, pantesan teman saya hobi banget masak saur bening kelor mbak, manfaatnya luar biasa untuk kesehatan

    BalasHapus
  25. daun kelor ini buat yang darah tinggi eh tensi tinggi bisa banget nurunin. buat asi bisa, buat sayuran biasa juga bisa. bisa semua pokoknyaaaa aku suka sayurannya. banyakin ah biar jadi cantik kulit eeaaa

    BalasHapus
  26. masya Allah sekali untuk manfaat daun kelor ini ya mba buat kesehatan, karena aku kebetulan suka bgt sm daun kelor buat dibikin sayur bening pake jagung gt aja udah segaar bgt. Pas jg, aku ada permasalahan di lambung, kl pas telat makan gt

    BalasHapus
  27. Banyak sekali manfaat daun kelor, aku suka banget mbk. Apalagi dibuat menu sayur bening, seger banget. Banyak manfaatnya, gizinya juga ok

    BalasHapus
  28. Banyak banget ya manfaat daun kelor ini. Pernah konsumsi teh kelor. Tapi sebenarnya paling enak diolah jadi masakan sejenis bobor. Seger banget rasanya..

    BalasHapus
  29. Daun kelor sayuran yg di konsumsi masyarakat pulau gili iyank madura. Di.pulau tersebut orang sudah usia 100th banyak yg masih bisa melihat dan mendengar.

    BalasHapus