Selasa, 05 Maret 2019

5 Wisata Edukatif di Kota Padang


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Kota Padang adalah salah satu tempat yang paling berkesan yang pernah aku kunjungi. Tak sekedar jalan-jalan, kami sekeluarga pernah menetap selama 2 tahun di Kota Padang. Selama di Padang, keindahan alamnya tidak dapat diragukan lagi. Indah sekali pemandangan bahkan di dalam kota sekalipun.

Saat itu, aku hamil tua. Kami pindah ke Padang karena suami mendapat tugas kuliah di Universitas Andalas. Kami berangkat pindah naik pesawat ke Padang dengan mencari informasi tiket pesawat murah, sedangkan barang-barang lewat darat. Anak-anak yang awalnya mengalami kesulitan adaptasi bahasa, lama kelamaan enjoy dengan Bahasa Minangnya. Bahkan Faris sempa ikut ekskul silat yang merupakan salah satu kebudayaan Minang untuk melestarikan silat. Selama di Padang, ada beberapa tempat yang membawa kesan menarik dan berkesan bagi keluarga kami. Berikut 5 Wisata Edukatif di Kota Padang:

 1. Universitas Andalas

Sejak membaca kumpulan cerpen FLP Se-Sumatera, Uda Ganteng No 13 aku ingin sekali ke Unand atau Universitas Andalas. Aku membayangkan bis yang meluncur tajam kerena lokasinya di atas perbukitan. Saat aku di Padang, Unand memang lokasinya di atas bukit dan dingin euy kalau sudha sampai kampus. Uniknya, bangunannya bagai semen saja seperti markas powers rangers hehe...
Biasanya, kami mampir ke sini untuk berolahraga atau mampir ke Perpustakaan Unand yang besar dan lengkap. Wow, anakku suka banget di sini.


2. Taman Melati dan Museum Adityawarman

Jika butuh hiburan, namun  budget pas-pasan. Pilihan bermain ke Taman Melati adalah tempat yang pas. Ramah di kantong deh. Anak-anak pus bermain ayunan, plosotan, berlarian dan lainnya hanya dengan tiket murah meriah Rp. 1500/ orang. Lokasinya di tengah kota berdekatan dengan Museum Adityawarman. Museum ini terdiri sudah sangat lama sejak tahun 1974 dan diresmikan pada tahun 1977. Di dalam Museum ini ada juga miniatur rumah gadang, adat istiadat Minang dan pakaian pengantin Minang.

3. Pantai Padang

Saat baru pindah ke Padang, Pantai Padang salah satu wisata yang paling sering keluarga kami kunjungi. Di Pantai Padang banyak sekali ditemukan penjual ikan segar. Anda dapat mencoba langsung dengan mencoba rumah makan di pinggir pantai dengan harga yang beraneka ragam. Namun, aku perlu sarankan, sebaiknya selama di Padang, sebelum makan tanyakan dulu harganya, terkadang kalau pendatang, harga dinaikkan oleh para penjual, hiks...




4. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya adalah jembatan yang membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Arau, Kota Padang. Jembatan ini menjadi icon Kota Padang seperti halnya jembatan Ampera di Kota Palembang. Jembatan ini menghubungkan kota tua Padang dengan tempat bernama Taman Siti Nurbaya di Gunung Padang.

Nah, penasaran dong siapa sih Siti Nurbaya? Ini berasal dari legenda dari Sumatera Barat. Berasal dari Novel karya Marah Rusli, sastrawan angkatan Balai Pustaka. Aku, punya loh novelnya, dulu juga hits banget dramanya di TVRI. Ikutan nonton enggak?


5. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat adalah kebangaan orang Minang. Aku patut bangga karena mengikuti perkembangan pembangunan masjid yang indah ini. Ukirannya cantik, bangunannya luas dan indah. Kubahnya mempesona dan kalau ke sana aduhai bikin aku betah banget sholat di Masjid Raya Sumatera Barat.



Nah, kabarnya FLP akan Munas di Padang 2 tahun mendatang. Aku jadi ingin sekali ikutan ke Padang. Persiapan nabung perlu dilakukan karena tiket pesawat ke Padang lumayan deh dari Lampung. Namun, untuk urusan pesan tiket, tak perlu bingung. Cukup mencari informasi mengenai harga tiket pesawat murah. Anda tinggal klik di pegi-pegi demi kenyamanan berwisata ke Kota Padang.

Pegi-pegi ini adalah aplikasi yang dapat didownload di playstore. Tinggal pilih saja ingin memesan pesawat sesuai rencana liburan Anda. Jika ingin liburan atau kegiatan pekerjaan, tentu ingin kepastian penerbangan yang nyamankan? Pegipegi menjadi pilihan. Selamat liburan ke Padang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar