Wajib Hadir! Sundance Film Festival: Asia 2022 Secara Offline

Assalamualaikum Sobat Jalan-jalan Aisyah,

Kabar gembira nih! Sundance Film Festival: Asia 2022 secara oflline akan segera hadir! Kamu wajib hadir! Acaranya benar-benar memukau! Apalagi sejak pandemi, kegiatan semua daring dan ini Sundance Film Festival : Asia 2022 akan diadakan secara offline pada tanggal 25-28 Agustus 2022 di Jakarta, Indonesia.

Sundance Film Festival: Asia 2022 Secara Offline
Sundance Film Festival: Asia 2022 Secara Offline


Tentu saja acara ini mengobati kerinduan insan perfilman dengan menikmati pemutaran film, diskusi panel dan berbagai rangkaian acara lainnya yang telah dirancang khusus untuk audiens Indonesia. Semua rangkaian menarik ini akan diumumkan pertengahan tahun 2022 ini.

Sundance Film Festival: Asia 2022 Secara Offline

Pada tahun sebelumnya, Sundance Film Festival:Asia 2021 sudah berhasil mengelar dengan meriah. Walau dilakukan secara daring karena pandemi, Sundance Film Festival:Asia 2021 saat itu disiarkan langsung di tiktok dan melahirkan banyak karya film pendek sebagai pemenang. Acara tahun lalu sangat sukses. Saat itu, ada 10 karya terbaik yang ditampilkan Sundance Asia dan 2 karya terpilih ditayangkan di Sundance Film Festival pada Januari lalu. Maka, mereka sangat antusias untuk melihat lebih banyak karya di kompetisi tahun ini.

Bagi yang lupa dengan kegiatan Sundance Film Festival:Asia 2021 tahun lalu, silakan cek di sini!

Apa itu Sundance Institute?


Sundance Institute sebagai penggiat dan kurator karya independen untuk panggung penampilan dan layar pertunjukkan, lembaga nirlaba Sundance Institute menyediakan ruang bagi seniman film, teater, produksi film, dan media digital untuk berkarya dan berkembang. 

Sundance Institute sudah didirikan sejak tahun 1981 oleh Robert Redford.  Sundance Institute menjalankan program Lab, hibah, dan mentorship di AS dan berbagai negara lain untuk pengembangan karya baru. Sundance Co//ab, sebuah platform komunitas digital milik Sundance Institute, menyatukan seniman dan Sundance Advisor untuk saling bertukar ilmu, membantu mereka untuk saling terhubung dan mengembangkan karya bersama. 

Tabitha Jackson, Festival Director Sundance Film Festival


Ini Kata Mereka Mengenai Sundance Film Festival: Asia 2022

Menurut Tabitha Jackson, Festival Director Sundance Film Festival, ia sangat senang untuk bekerja sama kembali dengan XRM Media dalam menghadirkan festival secara offline di Jakarta. "Ini kesempatan berharga untuk membagikan film-film independen favorit kita kepada seluruh penonton di Indonesia," kata Tabitha Jackson.

William Utomo, Chief Operating Officer IDN

Tak beda jauh, William Utomo, Chief Operating Officer IDN juga sangat antusias dnegan kehadiran Sundance Film Festival: Asia secara offline. Apalagi akan memberikan dampak baik bagi pencinta film di Indonesia. "Semoga festival ini bisa terus menjadi platform yang mendukung kemajuan industri film.” kata William Utomo.


Info ini yuk kita sampaikan ke teman-teman yang memiliki bakat membuat film pendek untuk mendaftar.

Cara Daftar Sundance Film Festival: Asia 2022


Cara Pendaftaran :

  1. Film pendek genre apa saja yang diproduksi pada atau sesudah 1 Januari 2020 dengan durasi film selama 3-20 menit.
  2. Pendaftaran dibuka mulai 18 April hingga 31 Mei 2022.
  3. Usia Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas.
  4. Tinggal dalam maupun di luar negeri.

Dewan Juri

Para juri adalah perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, dan Argo akan mengkurasi pilihan film pendek dari seluruh pendaftar yang masuk. 

Berikut nama-nama juri :

  1. Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  2. Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  3. Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival
  4. Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  5. Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Arg

Hadiah dan Peluang Pemenang :

Film pendek yang kelak terpilih akan ditayangkan di platform Argo Sundance Film Festival : Asia 2022 pada bulan Agustus nanti. Pemenang akan mendapatkan hadiah 2.000 dolar AS yang disponsori oleh Argo.

Sundance Film Festival: Asia 2022 Secara Offline


Karya pemenang akan didistribusikan secara global melalui platform Argo setelah festival berlangsung. Kabar gembira lainnya, mereka juga berkesempatan mengikuti seleksi  yang akan ditayangkan di Sundance Film Festival 2023.

Nah, teman-teman tunggu apalagi, kesempatan emas di depan mata, yuk ikutan 
Sundance Film Festival : Asia 2022! Bagi yang mau nonton secara offline, bisa benget! Info lengkapnya silakan cek di sini https://SundanceFilmFestivalAsia.org dan media sosialnya di Instagram @SundanceFFAsia dan TikTok @SundanceFFAsia.

1 komentar untuk "Wajib Hadir! Sundance Film Festival: Asia 2022 Secara Offline"