Perbedaan Tanda PMS dan Hamil

Perbedaan Tanda PMS dan Hamil. Beberapa waktu lalu, aku mengalami gejala yang mirip antara Premenstrual syndrome (PMS)  dan hamil. Hal ini membuatku bingung, gejalanya sangat mirip. Bahkan aku telat haid sampai 7 minggu dan ternyata cuma telat haid saja, bukan hamil.

Perbedaan Tanda PMS dan Hamil

Bagi yang belum tahu, PMS itu apa? PMS itu adalah gejala yang  jelang satu sampai dua minggu sebelum perempuan haid.

Gejala PMS setiap perempuan berbeda-beda. Namun, sejak usiaku 40 tahunan, aku mengalami gejala yang agak berat dibanding saat usia 25 tahunan. Lebih lama dan terasa kurang nyaman.

Untuk itu, teman-teman wajib mengetahui perbedaan dari tanda PMS dan hamil agar semakin waspada jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Soalnya aku juga pernah mengalami kehamilan palsu yang kukira itu hamil ternyata bukan.

Berikut Perbedaan Tanda PMS dan Hamil :

1. Kram Perut

PMS : sekitar 1-2 hari menjelang haid, perempuan akan mengalami kram perut. Namun, gejala kram ini disebut juga dengan dysmenorrhea ini akan berangsur hilang diakhir menjelang haid berakhir.

Kehamilan : Pada ibu hamil, kram perut terjadi pada perut bagian bawahnya, jika melakukan gerakan yang mendadak dan cepat. Misalnya, ketika ibu hamil mengubah posisi tidur secara mendadak dari miring ke kanan atau ke kiri.

Perut juga terasa kram jika ibu hamil mengangkat sesuatu yang berat. Jika dalam kondisi normal, ibu tidak mengalami kram perut.

2. Nyeri Payudara

PMS : Nyeri payudara pada perempuan menjelang haid adalah biasa terjadi. Terkadang terasa nyeri ringan hingga berat. Ini terjadi saat beberapa hari menjelang haid dan berangsur hilang saat haid usai.

Kehamilan : Pada ibu hamil, nyeri payudara terasa lebih lama. Payudara terasa lebih berisi, terasa berat dan warna bagian puting menjadi lebih gelap. Payudara terlihat membesar dan membengkak dan berlangsung selama kehamilan.

3. Bercak Darah

PMS : Bercak darah akan muncul berubah flek kecoklatan diawal haid.Semakin hari semakin deras darah haidnya sekitar seminggu hingga sepuluh hari. 

Kehamilan : Pada ibu hamil, flek terjadi diawal sebagai tanda kehamilan. Keluarnya bercak darah terjadi karena sel telur sudah dibuahi dan menempel di dinding rahim. Gejala ini terjadi disaat usia kehamilan 7-10 hari. 

4. Mudah Lelah

PMS : Saat menjelang haid, tubuh terasa mudah lelah. Hal ini dikarenakan meningkatnya hormon estrogen dan progesteron. Selain itu, rasa lelah dikarenakan sulit tidur karena nyeri PMS.

Kehamilan : Sedangkan pada ibu hamil, rasa lelah timbul karena perubahan hormon pada ibu hamil. Tak sedikit ibu hamil mudah mengantuk dan seperti orang 'malas'. Ini dikarenakan ibu hamil sebaiknya beristirahat jangan mudah lelah.

5. Mood Berubah-ubah

PMS : Menjelang haid, banyak laki-laki yang kurang peka dengan suasana hati perempuan yang tiba-tiba sedih dan sensitif. Hal ini dikarenakan tubuh yang mudah lelah dan capek, sehingga terkesan mudah marah.

Kehamilan : Ibu hamil yang mengalami mood yang berubah-ubah karena perubahan hormon dan jasmani karena perkembangan janin di dalam rahim.

Sebenarnya, sepanjang kehamilan ibu hamil akan mengalami rasa cemas. Hal ini membutuhkan support dari suami dan lingkungan. Terutama penerimaan kehamilan dari kedua pasangan itu sendiri.

Kondisi ini dapat diatasi dengan mengingat pahala yang setara dengan jihad. Keberadaan anak akan menjadi penghibur hati orang tuanya. 

Nah, sobat Jalan-jalan Aisyah, semoga informasi di atas bermanfaat dan sudah dapat membedakan perbedaan tanda PMS dan hamil. 

Posting Komentar untuk " Perbedaan Tanda PMS dan Hamil"