Rabu, 12 Juli 2017

7 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Agar Bebas Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Saat hamil anak ketiga di Pantai Padang
Sobat  Jalan-jalan Aisyah,


Pernah mengalami kesulitan buang air kecil saat hamil? Aku pernah nih. Saat itu, aku menikah dan tinggal di rumah kakak ipar di Lampung Timur. Biasalah ya pengantin baru, masih segan dan malu-malu. Mau buang air kecil ke kamar mandi kok ya enggak enak bolak-balik. Mau ke kamar mandi di kamar, kok ya kesannya “Eh, mentang-mentang pengantin baru, di kamar terus?!” Helo.... padahal cuma pengen buang air kecil di kamar mandi kamar aja. Tapi, aku malah menahan rasa buang air kecil. Akhirnya, buang air kecil jadi sedikit-sedikit, tidak tuntas dan nyeri atau orang menyebutnya anyang-anyangan. Saat aku cerita dengan saudara yang dokter, ia bilang, “Itu kena Infeksi Saluran Kemih (ISK), cepat berobat!” akhirnya aku berobat deh ke dokter terdekat.

Oiya Sobat Jalan-jalan Aisyah, Ibu hamil emang rentan loh kena ISK. Suatu hari, temanku di group WA mengirimkan pesan dan foto. Ia sedang hamil tua dan kakinya bengkak. Kata dokter, ia kena sakit ISK. Saat melihat fotonya, aku kembali teringat saat hamil ada ketiga,keluargaku pindah dari Lampung ke Padang. Saat itu aku hamil tua. Memang sih dapat izin dari dokter melakukan penerbangan, tapi aku juga dag-dig-dug soal keinginan bolak-balik buang air kecil. Aplagi pesan pemeriksaan kesehatan di bandara mengatakan, “Bu, jangan sering diusap ya perutnya, kuatir kontraksi!” huhu...kebayang enggak sih selama penerbangan nahan enggak ngelus perut selam 1,5 jam?

Dari dua pengalaman di atas, penting banget Sobat Jalan-jalan Aisyah menjaga kesehatan agar tidak mengalami ISK, terutama untuk ibu hamil. Berikut tips menjaga 7 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Agar Bebas Infeksi Saluran Kemih (ISK) :


1. Rajin minum air putih. Saat hamil, memang ya sering banget keinginan untuk buang air kecil, tapi tetap harus rajin minum air putih ya. Dianjurkan minimal 8 gelas per hari.
2. Sebaiknya segera membersihkan organ intim setelah berhubungan seksual.
3. Hindari menahan buang air kecil. Segeralah buang air kecil setelah punya keinginan ingin buang air kecil. Memnag sih saat hamil muda, bahkan saat haid terlambat 1-2 minggu, biasanya ada dorongan untuk buang air kecil. Ini terjadi karena meningkatnya sirkulasi darah ketika hamil dan tekanan pada saluran kemih ½ akibat membesarnya uterus.
4. Jaga kebersihan organ intim dengan cebok yang benar. Jangan asal-asalan asal bersih usai buang air kecil ya. Coba lakukan dengan arah yang benar. Lakukan dari arah depan ke arah belakang.
5. Ganti celana dalam secara rutin. Ibu hamil sering buang air kecil itu biasa, tapi jangan sampai malas ganti celana dalam ya. Sehari lakukan minimal 3 kali loh agar tetap kering.
6. Cek kebersihan toilet sebelum buang air kecil. Saat hamil tua, enaknya pakai toilet duduk ya. Kan perut udah makin gede, susah buat jongkok. Namun, perhatikan kebersihannya. Sebaiknya bersihkan dulu sebelum duduk, lakukan dengan tisu yang ada ya!
7. Saat ini ada loh minuman segar menjaga kesehatan agar tidak terjadi ISK. Namanya Prive Uri-cran Plus . Ini dapat diminum oleh ibu hamil. Prive Uri cran mengandung buah Cranberry plus Vitamin C dan Probiotic. Menurut penelitian yang telah dilakukan di Amerika, Buah Cranberry efektif mencegah infeski kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih.


Cara pengunaanya, Anda dapat mengkonsumsi  sebanyak 2 gelas jus Buah Cranberry per hari selama kurang lebih 10 hari. Namun, buah ini sulit ditemukan, harganya juga mahal. Rasa buahnya juga agak pahit dan asem. Namun, Anda jangan kuatir, saat ini sudah ada ekstrak Buah Cranberry dengan kemasan yang mudah dibawa kemana saja.

Kelebihan Prive Uri Cran Plus :

1. Kemasannya menarik dan mudah dibawa.
2.  Aman dikonsumsi setiap hari.
3. Terbuat dari bahan alami.
4. Rasanya enak dan segar.
5. Mampu mengatasi keluhan ISK.
6. Ada dua kemasan pilihan, kapsul dan powder.
7. Mudah ditemukan di apotek terdekat.

Nah, Sobat  Jalan-jalan Aisyah,  itulah 7 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Agar Bebas Infeksi Saluran Kemih (ISK). Semoga bermanfaat ya! Gimana pengalamanmu saat menjaga kesehatan saat hamil? Share dong! 



10 komentar:

  1. Sekarang udah ada juga tisu khusus untuk toilet.. bukan tisue sih tapi lebih ke pelindung gitu jadi gak usah was was ntuk pakai toilet duduk di tempat umum

    Ditambah lagi ada uricran, hehe
    Cuma kemarin sempet mau beli ke guardian ternyata beli per boxnya lumayan mahal

    Eeeeh.. aku baca paragraf pembukaannya kok senyum2 hahaha
    gitu ya kalau pengantin baru

    BalasHapus
  2. aku juga minum ini, mba. soalnya dulu ada riwayat pernah kena anyang-anyangan. rasa minumannya manis asem ya. :D

    BalasHapus
  3. Hihihi padahal aslinya sudah ngempet banget pengen pipis ya Mbak. Jadi pelajaran deh ya, pipis itu alamiah jadi gak boleh malu

    BalasHapus
  4. wah, ini blog kak naqiyyah juga. hihii, kirain blog siapa. yup, cara menjaga agar enggak kena ISK adalah dengan menjaga organ reproduksi kita. apalagi wanita, cepat banget ISK kalo ga menjaga dengan baik

    BalasHapus
  5. belum hamil sih tp bagus jg nih buat pengetahuan.. maachii sharing nyaaa

    BalasHapus
  6. Kalo nggak hamil nggak apa2 kan minum ini mak Naqi?

    BalasHapus
  7. Kalau ada urican, ibu hamil bisa bebas dari anyang angangan ya mba

    BalasHapus
  8. Ga boleh nahan pipis yaa nanti jadi ISK. Gara-gara malu malah sakit :(

    BalasHapus
  9. mesti jaga kebersihan ya..mba.., buat yg gak hamil jangan sepelekan kebiasaan baik..

    BalasHapus
  10. pernah ngalamin juga, ga nyaman memang.

    BalasHapus