Minggu, 10 Maret 2019

Melengkapi Kebutuhan Serat Anak Bersama Yo! Yogurt for Kids



Assalamualaikum Sobat Jalan-jalan Aisyah,

Abang Fatih sekarang kelas 1 SD. Senangnya main bola. Setiap hari yang diceritakan adalah main bola. Sejak kecil kecerdasan kinestetiknya memang lebih menonjol. Tak heran jika sekarang Fatih lebih menyukai olah raga. Kalau acara lomba 17 Agustusan, Fatih lebih semangat ikutan lomba dibanding Mas Farisnya dulu, nah di sinilah uniknya mendidik anak. Setiap anak, berbeda dalam menyikapi kelebihan dan kekurangannya.



Suatu hari, Abang Fatih cerita kalau nanti sudah besar ingin menciptakan robot. “Abang buatkan 2 robot penjaga! Rumahnya nanti rahasia di bawah tanah! Ada 2 robot penjaga dengan semua otomatis!” cerita Fatih penuh semangat.

Ah, lucunya imajinasi anak-anak ya? Tentu saja aku mengarahkan kalau cita-cita itu semua harus disiapkan sejak sekarang, termasuk kesehatan. Sebagai seorang ibu, aku memperhatikan asupan gizi dan pola makan. Abang Fatih termasuk yang pemilih dalam makan sayur dan buah. Padahal sejak kecil MPASI Homemade selalu aku utamakan, namun sejak kenal gulgar, kebablasan deh mencoba jajanan ini itu, hiks...

Namun, aku tidak mudah menyerah untuk terus mencoba makanan bervariasi agar asupan nutrisi dan gizi Abang Fatih tercukupi. Sedih rasanya kalau sampai saluran pencernaannya terganggu. Pernah sih Abang Fatih muntah dan diare hebat, rasa bersalahku mulai datang. “Andai aku lebih memperhatikan asupan makanan anak dan kebersihannya, pencernaannya tidak terganggu.”


Sebagai informasi, keterlibatan saluran cerna terhadap  perkembangan otak banyak loh dikaji oleh para ahli, terutama yang berkaitan dengan peran mikroflora baik (Bifidobacteria dan atau Lactobacilius) di dalam saluran cerna dalam metabolisme makanan yang dikonsumsi anak.

Nah, jika pencernaan anak terganggu, maka akan mempengaruhi fungsi otak sehari-hari, tetapi juga sebagai risiko terhadap gangguan neurologi dikemudian hari.

Untuk itu, aku mencari informasi kebutuhan serat anak Kebutuhan serat anak berbeda tergantung usia. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi yang telah ditetapkan oleh Kemenkes RI lewat Peraturan Menteri Kesehatan no. 75 tahun 2013, inilah jumlah kebutuhan serat harian yang dibutuhkan anak:
Anak usia 0-6 bulan belum memiliki kecukupan serat yang dianjurkan
Usia 7-11 bulan: 10 gram serat setiap hari
Usia 1-3 tahun: 16 gram serat setiap hari
Usia 4-6 tahun: 22 gram serat setiap hari
Usia 7-9 tahun: 26 gram serat setiap hari

Untuk anak-anak usia 10 tahun ke atas, kebutuhan serat harian dibedakan menurut jenis kelaminnya. Berikut rinciannya :


Berdasarkan info di atas, aku menyusun strategi. Aku menyiapkan Yogurt untuk bekal sekolah Abang Fatih, agar menjaga kesehatan tubuhnya. Aku memilih Yo! Yogurt for Kids   Heavenly Blush yang  memiliki 4 rasa, yaitu :

1. Banana Berries Brocolli
Yogurt ini memiliki terbuat dari serat buat dan sayur dengan rasa yang enak, yaitu : Banana Berries Broccoli dan Mango Carrot, dapat memenuhi 30% kebutuhan serat harian anak. Aman dikonsumsisetiap hari karenatanpa bahan pengawet, perasa buatan dan pewarna buatan. Anak-anak akan suka loh rasanya enggak kecut. Ini akan membanty kebutuhan serat sayur dan buat anak.

2. Mango Carrot
Anak-anak akan suka karena rasanya enak dan terbuat dari Banana Berries Broccoli dan Mango Carrot, dapat memenuhi 30% kebutuhan serat harian anak. Aman untuk dikonsumsi setiap hari karena dibuat tanpa bahan pengawet, perasa buatan, dan pewarna buatan.

3. Raspberry Pumpkin
Terbuat dari yogurt berkualitas yang ditambahkan serat buah dan sayur dengan rasa yang enak, Heavenly Blush YO rasa Banana Berries Broccoli, Mango Carrot, Raspberry Pumpkin, & Lychee Spinach. Mampu memenuhi 30% kebutuhan serat harian anak. Aman untuk dikonsumsi setiap hari karena dibuat tanpa bahan pengawet, perasa buatan, dan pewarna buatan.

4. Lychee Spinach
Ini terdiri dari Heavenly Blush YO rasa Banana Berries Broccoli, Mango Carrot, Pumpkin Raspberry, & Lychee Spinach dapat memenuhi 30% kebutuhan serat harian anak. Aman untuk dikonsumsi setiap hari karena dibuat tanpa bahan pengawet, perasa buatan, dan pewarna buatan. Anak-anak pasti suka deh!


Dari keempat rasa di atas, Abang Fatih suka yang rasa Banana Berries Brocolli. Tak apalah masih 1  rasa yang disukai, tapi aku sudah lega, kebutuhan serat sayur dan buat Abang Fatih sudah teratasi. Kelak Abang Fatih dapat semakin berlatih untuk makin rajin makan buah dan sayur. Dengan semangat kompetisi dan rajin berlatih, aku Insya Allah cita-cita Abang Fatih tercapai, aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar