Rabu, 12 Juli 2017

7 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Agar Bebas Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Saat hamil anak ketiga di Pantai Padang
Sobat  Jalan-jalan Aisyah,


Pernah mengalami kesulitan buang air kecil saat hamil? Aku pernah nih. Saat itu, aku menikah dan tinggal di rumah kakak ipar di Lampung Timur. Biasalah ya pengantin baru, masih segan dan malu-malu. Mau buang air kecil ke kamar mandi kok ya enggak enak bolak-balik. Mau ke kamar mandi di kamar, kok ya kesannya “Eh, mentang-mentang pengantin baru, di kamar terus?!” Helo.... padahal cuma pengen buang air kecil di kamar mandi kamar aja. Tapi, aku malah menahan rasa buang air kecil. Akhirnya, buang air kecil jadi sedikit-sedikit, tidak tuntas dan nyeri atau orang menyebutnya anyang-anyangan. Saat aku cerita dengan saudara yang dokter, ia bilang, “Itu kena Infeksi Saluran Kemih (ISK), cepat berobat!” akhirnya aku berobat deh ke dokter terdekat.

Oiya Sobat Jalan-jalan Aisyah, Ibu hamil emang rentan loh kena ISK. Suatu hari, temanku di group WA mengirimkan pesan dan foto. Ia sedang hamil tua dan kakinya bengkak. Kata dokter, ia kena sakit ISK. Saat melihat fotonya, aku kembali teringat saat hamil ada ketiga,keluargaku pindah dari Lampung ke Padang. Saat itu aku hamil tua. Memang sih dapat izin dari dokter melakukan penerbangan, tapi aku juga dag-dig-dug soal keinginan bolak-balik buang air kecil. Aplagi pesan pemeriksaan kesehatan di bandara mengatakan, “Bu, jangan sering diusap ya perutnya, kuatir kontraksi!” huhu...kebayang enggak sih selama penerbangan nahan enggak ngelus perut selam 1,5 jam?

Dari dua pengalaman di atas, penting banget Sobat Jalan-jalan Aisyah menjaga kesehatan agar tidak mengalami ISK, terutama untuk ibu hamil. Berikut tips menjaga 7 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Agar Bebas Infeksi Saluran Kemih (ISK) :